nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Mobil yang Menjadi Saksi Bisu Peristiwa G30S/PKI, Apa Saja?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 10:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 01 15 1786503 deretan-mobil-yang-menjadi-saksi-bisu-peristiwa-g30s-pki-apa-saja-wBeroBKtdd.jpg Monumen Pancasila Sakti (Okezone)

JAKARTA - Begitu banyak yang menjadi saksi-saksi bisu pada peristiwa G30S/PKI, mulai dari pakaian, rumah, hingga kendaraan. Meski sudah 52 tahun berlalu, benda-benda tersebut masih tersimpan dengan baik di beberapa museum, sebut saja salah satunya Monumen Pancasila Sakti, di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

(Baca juga: Koleksi Kuno di Monumen Pancasila Sakti)

Di tempat tersebut tersimpan banyak koleksi benda bersejarah. Di antaranya mobil kuno pahlawan-pahlawan Indonesia. Mobil-mobil tersebut ternyata pernah digunakan oleh beberapa tokoh-tokoh pahlawan Indonesia, seperti Letnan Jenderal Ahmad Yani, dan mantan Presiden Soeharto ketika menjadi Mayor Jenderal TNI. Serta truk yang digunakan untuk menculik satu dari tujuh Pahlawan Revolusi.

Berikut mobil-mobil koleksi Monumen Pancasila Sakti yang juga menjadi saksi bisu peristiwa G30S/PKI di Jakarta:

Toyota Land Cruiser

Mobil berplat nomor 04-62957/44-10 ini menyimpan banyak kisah menarik mengenai perjalanan mantan Presiden Soeharto ketika masih menjadi Mayor Jenderal TNI. Salah satunya digunakan sebagai kendaraan untuk mengantarkan Mayor Jenderal TNI Soeharto dari satu tempat ke tempat yang lain ketika tengah menyusun strategi dalam menumpas G30S/PKI.

Selain itu mobil Jeep tersebut juga pernah digunakan saat Mayor Jenderal TNI Soeharto memimpin langsung jalannya pengangkatan tujuh jenazah Pahlawan Revolusi dari sumur tua.

Posisi mobil berdiri tepat di sisi kanan depan halaman Museum Pengkhianatan PKI. Kondisinta saat ini masih terlihat mulus. Aksesori pendukung seperti lampu utama, lampu spion, wiper, dan kaca spion kanan, masih terpasang di bodi mobil. Tidak diketahui pasti tahun produksi dari mobil dengan ban berdiamater besar tersebut.

Dodge 500

Kendaraan jenis truk ini digunakan untuk menculik Brigjen TNI D.I Panjaitan di kediamannya di Jalan Hasanudin, Kebayoran Baru menuju Lubang Buaya.

Truk asal pabrikan Amerika Serikat ini sebenaranya kendaraan jemputan P.N. Arta Yasa, namun dirampas oleh gerombolan G30S/PKI ketika melintas di Jalan Iskandar Syah. Oman sebagai sopir truk mengaku ditodongkan senjata ketika melewati orang-orang yang berpakaian loreng.

Mobil berplat nomor B 2982 L ini merupakan produksi tahun 1961. Sekilas kendaraan tersebut masih terlihat mulus, semua perangkat dan aksesori pendukung masih terpasang. Tubuhnya didominasi oleh warna biru, kemudian dibagian belakang terpasang atap kain untuk melindungi penumpang di dalamnya dari terpaan angin, sinar matahari dan air hujan.

Mobil Oldsmobile 98

Selama menjadi Menteri Panglima Angkatan Darat, Letnan Jenderal Ahmad Yani menggunakan mobil Oldsmobile 98. Kini mobil yang diproduksi oleh General Motors, di Amerika Serikat itu terparkir di halaman Monumen Pancasila Sakti.

Mobil hitam berkelir hitam tersebut masih terus mendapatkan perawatan sampai saat ini. Mungkin beberapa perangkat yang menempel di bodi mobil sudah mengalami pergantian, mengingat umur mobil tidak muda lagi.

Dengan surat Keputusan Kementerian Angkatan Darat Nomor : Kep-504/6/1966, pada 6 Juni 1966 mobil dinas tersebut dihapus dari pertanggungjawaban administrasi Angkatan Darat menjadi milik keluarga Letjen Ahmad Yani.

Namun, pada Mei 1989 atas inisiatif Kepala Pusat Sejarah dan Tradisi ABRI akhirnya mobil tersebut dipamerkan di Monumen Pancasila Sakti. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini