nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Ini Dia Mobil Chevrolet Impala Peninggalan Jenderal Ahmad Yani

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 13:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 01 15 1786542 wow-ini-dia-mobil-chevrolet-impala-peninggalan-jenderal-ahmad-yani-IPlYhJAx2i.jpg Chevy (Berita Jakarta dan Raja Mobil/Youtube)

JAKARTA - Selain di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, benda-benda bersejarah yang menjadi saksi bisu dari peristiwa G30S/PKI juga tersimpan di museum. Satu di antaranya Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani yang berlokasi di Jl. Lembang, Jakarta Pusat. Sebelum dijadikan museum, tempat ini dulunya adalah rumah mendiang Menteri/Panglima Angkatan Darat (Menpangad) Letjen (Anumerta Jenderal) Ahmad Yani.

Di rumah tersebut dapat ditemukan beragam benda mulai dari pakaian, senjata, lukisan, dan sebagainya. Ada satu benda peninggalan Jenderal Ahmad Yani yang cukup menarik yaitu sebuah mobil sedan Chevrolet Impala. Mobil berbadan lebar itu berada di samping bagunan utama museum. Posisinya ada di dalam ruangan khusus yang tertutup oleh kaca bening.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Chevrolet Impala yang dipajang tersebut keluaran tahun 1962. Mobil asal pabrikan Amerika Serikat (AS) ini merupakan satu dari 100 kendaraan yang diproduksi.

Melihat kondisi terkini dari mobil Chevrolet Impala peninggalan Jenderal Ahmad Yani jelas berbeda jauh pada saat pertama kali keluar dari pabrik. Kini cat biru yang menutupi tubuhnya mulai sedikit pudar, aksen krom di bumper depan dan belakang, grille, kap mesin, sampai yang ada di samping mobil juga nampaknya sudah mulai berkarat.

Aksesori pendukung seperti lampu depan maupun belakang, handel pintu terlihat masih terpasang, namun untuk kaca spion kanan dan kiri sudah tidak ada lagi. Kaca depan sebelah kanan sudah retak dan berlubang, sepertinya sudah rapuh karena termakan usia. Seperti mobil AS lainnya di segmen yang sama, bagian kabin Impala sangat lebar dan luas, sehingga menambah kenyamanan, sedangkan overhang belakang dari sedan ini sangat panjang.

Biasanya Chevrolet Impala digunakan oleh Jenderal Ahmad Yani untuk mengajak anak-anaknya  jalan-jalan keliling Jakarta membeli buah, dan makanan laut. Pernah juga dibawa berlibur ke daerah puncak, Bogor.

Selain Chevrolet Impala, rupanya Jenderal Ahmad Yani memiliki beberapa mobil lagi seperti Ford Station Wagon yang kerap dipakai untuk antar jemput anaknya ke sekolah, kemudian ada juga Fiat. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini