nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP AUTOS OF THE WEEK: Mobil Esemka Bangkit Lagi, Ini Penampakannya

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 15:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 01 15 1786596 top-autos-of-the-week-mobil-esemka-bangkit-lagi-ini-penampakannya-ccQoJdvBOs.jfif Esemka Digdaya (Anindya Tejo Martoyo/Facebook)

JAKARTA - Lama tidak terdengar kabarnya Esemka kembali muncul kepermukaan. Kemunculannya diketahui setelah foto sebuah mobil pikap bertuliskan Esemka Digdaya viral di media sosial.

Pikap Esemka Digdaya terbaru tertangkap kamera ketika sedang berjalan-jalan di Solo, Jawa Tengah, dan sudah menggunakan pelat putih berkode AD (Solo).

Ada empat foto mobil Esemka berkabin ganda diunggah di akun Facebook Anindya Tejo Martoyo. Satu di antaranya tampak sedang digunakan di jalan umum sedang tiga lainnya diparkir di depan sebuah rumah.

Dalam caption foto, Anindya menyebutkan ada informasi yang menyatakan bahwa mobil yang masuk ketegori kendaraan niaga ringan itu menggunakan mesin 2.000 cc.

Tidak hanya itu, dia juga menyebut kisaran harga Esmeka Digdaya yang tampak pada foto itu adalah Rp120 juta.

"Yang lagi wara-wiri di timeline-ku Esemka Digdaya. Katanya 2000cc Rp120 juta."

Dalam posting-an tersebut diungkap empat foto dari berbagai angle, yakni samping, depan, dan belakang.

Mobil dengan bak kecil di belakang itu tampak berdesain modern. Badge Esemka terpampang di grille.

Sementara itu, inspirator mobil Esemka, Sukiyat, mengaku tidak heran bila mobil yang digagasnya bersama Joko Widodo (Jokowi) itu membuat heboh publik.

"Esemka Digdaya, sudah saya prediksi sebelumnya bila mobil ini bakal menarik perhatian publik. Digdaya ini kan satu di antara 30 prototipe Esemka jenis SUV Rajawali dan Esemka pikap Bima," terang Sukiyat.

Menurut dia, mobil Esemka Digdaya pertama kali dirancang pada 2008 dan baru diwujudkan pada 2009. Pengembangan Esemka Digdaya, lanjut Sukiyat, sempat mengalami kendala dan terhenti di tengah jalan. Baru pada 2011, Esemka Digdaya disempurnakan sebelum akhirnya pada 2012 resmi diluncurkan.

"Esemka Digdaya ini sebenarnya resmi dipasarkan pada 2012 setelah mendapatkan sertifikat lulus uji emisi. Tapi sebenarnya Esemka Digdaya ini dirancang sejak 2008 dan baru diwujudkan pada tahun berikutnya. Meski sempat terhenti di jalan sebelum akhirnya benar-benar dipasarkan di tahun 2012," terangnya.

Rasa yakin Sukiyat bahwa Esemka Digdaya mampu mencuri perhatian pencinta automotif dikarenkan mobil ini menggunakan mesin yang tidak kalah dengan para pesaingnya, bahkan lebih kecil. Digdaya mengusung jantung penggerak 1.500 cc DOHC dengan teknologi multipoint injection. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 hp pada putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimum 145 nm pada 4.100 rpm dengan sistem penggerak roda belakang.

"Kemampuan mobil Esemka ini sama dengan prodak automotif sejenis lainnya. AC doube blower yang dingin serta head lampu kristal,” pungkasnya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini