Lindungi Pejalan Kaki, Sedan Ini Punya Sistem Active Hood

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 02 15 1786815 lindungi-pejalan-kaki-sedan-ini-punya-sistem-active-hood-MkLQujbOuI.jpg Buick Regal (Carscoops)

BEIJING – Perusahaan automotif terbesar asal Amerika Serikat (AS) General Motors (GM) telah membantu mengurangi pejalan kaki dari cedera hebat dan kematian di Eropa. Hal itu dikarenakan GM mengaplikasikan sistem active hood (kap mesin aktif) pada sejumlah produknya di 2007.

Kira-kira 10 tahun kemudian, sistem tersebut juga diterapkan ke beberapa produk GM yang dipasarkan di AS, dan Korea Selatan. Kini hadir di China lewat satu produk andalannya sedan Buick Regal atau dikenal juga dengan Opel/Vauxhall Insignia, dan Holden Commodore. Sistem active hood akan menjadi fitur standar untuk Buick Regal keluaran terbaru.

(Baca juga: Terinspirasi dari Baju Pembalap F1, McLaren Bikin Alat Pelindung Jantung & Paru-Paru)

"Di Eropa sendiri GM pertama kali memperkenalkan sistem ini di tahun 2007, kami telah melihat jumlah pejalan kaki yang tewas tertabrak mobil turun 50 persen dalam 10 tahun terakhir. Dengan memperkenalkan fitur ini di China, kami berharap dapat memperoleh hasil yang serupa," kata insinyur active hood systems GM, Wahaj Hussain, seperti dikutip Carscoops.

Cara kerja dari active hood sangat sederhana. Sistem tersebut menggunakan pyrotechnic actuator untuk mengangkat bagian belakang kap mesin sekira 10 centimeter hanya dalam beberapa milidetik, untuk mengurangi cedera pada pejalan kaki. Kap mesin yang aktif dikembangkan oleh General Motors bekerja sama dengan enam produsen mobil dan pemasok automotif lainnya. Sistem active hood akan bekerja ketika mobil melaju dengan kecepatan antara 25 sampai 48 kilometer per jam.

(Baca juga: Canggih! Mobil Mampu Meramal Cuaca, Jendela & AC Bekerja Otomatis)

Selain teknologi active hood, generasi baru Buick Regal juga telah dilengkapi dengan dengan berbagai macam akesori dan fitur pengemudi terbaru. Di antaranya fitur pendeteksi pejalan kaki, collision mitigation braking, adaptive cruise control, ESP, cornering brake control, hill start assist, tire pressure monitoring, EEPO brake override, dan lain-lain. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini