nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal 'The Litas', Klub Moge Internasional Khusus Perempuan

Anton Suhartono, Jurnalis · Minggu 08 Oktober 2017 14:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 07 15 1790843 mengenal-the-litas-klub-moge-internasional-khusus-perempuan-ANRajK9pZK.jpg Chapter baru The Litas didirikan di Filipina (Philippine Daily Inquirer)

MANILA - Big bike atau motor gede (moge) tidak hanya digandrungi kaum pria, tapi juga perempuan. Bahkan ada banyak klub moge di banyak negara. Di Indonesia misalnya, para perempuan pengendara moge membentuk Woman on Wheels (WOW).

(Baca Juga: Inge Widjaja, Sosok Perempuan Penggemar Moge)

Selain itu ada satu klub moge beranggotakan para perempuan yang skalanya internasional, yakni The Litas. Baru-baru ini mereka meresmikan chapter baru di Manila, Filipina.

Seperti apa The Litas itu? Klub ini terbilang baru dibentuk, yakni tiga tahun lalu. Awalnya The Litas didirikan di Amerika Serikat dan hingga kini sudah memiliki cabang di 19 negara dengan 3.500 anggota.

Sebenarnya tidak ada arti spesifik dari Litas. Nama itu muncul dari hasil pembicaraan dua sahabat dekat di sebuah bar di AS. Mereka bermimpi ingin mendirikan klub moge yang semua anggotanya perempuan. Menurut mereka, Litas merupakan nama yang pas dan manis untuk sekumpulan perempuan-perempuan penunggang kuda besi ber-cc besar.

(Baca Juga: Tips bagi Perempuan yang Ingin Mengendarai Moge)

Klub ini punya beberapa aturan, di antaranya tidak menerima skuter. Inti dari klub ini adalah menjadi wadah bagi para permpuan yang ingin berkendara moge bersama, membantu para perempuan yang ingin bisa mengendarai moge, serta bisa memahami motor.

Motor yang digunakan anggotanya berasal dari berbagai merek, seperti Harley Davidson, Ducati,d an KTM.

"Kami ini bukan geng motor. Kami adalah sekumpulan prempuan yang punya ketertarikan yang sama dalam hal petualangan dan sepeda motor," jelas Erika Fernandez, salah seorang pendiri The Litas, seperti dikutip dari Philippine Daily Inquirer.

Ada tiga pendiri The Litas Filipina, yakni Erika, Gaki Azurin, dan Carol Karthe. Mereka bertemu di sebuah acara coaching clinic sebelum memutuskan mendirikan chapter The Litas. Selain sebagai bikers sejati, ketiganya merupakan perempuan aktif di profesi masing-masing. Erika merupakan pemilik perusahaan advertising. Gaki adalah instruktur fitness, musisi, dan video blogger, sedangkan Carol merupakan pelatih renang.

Erika menjelaskan, perempuan dan pria punya banyak perbedaan dalam hal berkendara motor. Celah inilah yang dilihat para pendiri The Litas untuk merangkul bikers perempuan.

"Perempuan saling menjaga satu sama lain, ada naluri keibuan yang kami miliki, sebuah persaudaraan. Kami selalu berkata, ‘berkendaralah dengan kecepatan sesukamu, saya akan berada di sampingmu," papar Erika.

Sementara itu, para anggota baru menilai adanya klub khusus perempuan sangat membantu mereka. Pasalnya, ada hal penting yang bisa mereka dapatkan di sini dan tidak ada di klub-klub motor yang anggotanya kebanyakan pria.

"Pria itu memang lebih berani, sulit menyaingi mereka. Mereka sangat berani, kadang-kadang sampai berkendara lebih dari 160 kilometer per jam, saya jadi tertinggal jauh," jelas Nikki Orial, anggota baru The Litas yang menggunakan Ducati Scrambler.

Meski mendapat perlakuan khusus di klub motor pria, Nikki mengaku canggung. Kelamaan ia menjadi tidak nyaman selalu diistimewakan. Karena itulah ia bergabung dengan Litas.

"Saya tidak suka diperlakukan khusus saat berkendara dengan pria. Kalau dengan Litas, mereka lebih sejajar dan mereka lebih menyenangkan untuk diajak berbicara. Saya berharap lebih banyak perempuan yang mencoba moge," ungkapnya.

(ton)

Berita Terkait

Auto Club

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini