Mobil Antipeluru Bisa Saja Dipesan Masyarakat Umum, tapi Ada Syaratnya

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 11 15 1793035 mobil-antipeluru-bisa-saja-dipesan-masyarakat-umum-tapi-ada-syaratnya-r33Ey2tEIr.jpg BMW Seri 7 (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - BMW Group Indonesia mempunyai dua model kendaraan khusus, yaitu SUV X5 dan BMW Seri 7, untuk digunakan oleh para diplomat yang bertugas di Indonesia. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya.

Dari segi penampilan, BMW X5 dan Seri 7 untuk para diplomat tidak berbeda dengan mobil standarnya, hanya pada fitur security dan security plus-nya saja. Masyarakat umum juga bisa memiliki model yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut, tapi ada banyak syarat yang harus dipenuhi.

(Baca juga: Wah Keren, Mobil Anti-Peluru Bakal 'Ditunggangi' oleh Raja Salman Selama di Indonesia)

"Kalau kita lihat dari segi harga sangat berbeda dan sangat tinggi untuk kendaran security dan security plus ini dan pasti untuk mereka yang menggunakannya itu memiliki kebutuhan khusus, misalnya mereka ingin memiliki perlindungan khusus atau aktivitas sehari-harinya mengancam jiwa. Jadi itu semua harus ada backround check. Itu pasti dilakukan koordinasi juga dengan BMW AG jadi bukan BMW Indonesia sendiri. Jadi ada karakter-karakter khusus dan itu juga harus ada dokumen elibilitas," ujar Jodie O'tania, vice president corporate communication BMW Group Indonesia, di Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Konsumen yang ingin memiliki kendaraan BMW dengan fitur security dan security plus juga harus menjalani proses yang sangat ketat. "Itu kami kategorikan sebagai VIP, karena ada kriteria khusus termasuk orang-orang penting," terangnya.

Berbeda dengan brand lain, lanjut Jodie, yang membolehkan konsumen menambah fitur-fitur keamanan di hampir semua produknya. Di BMW tidak bisa karena kedua kendaraan tersebut sudah dirancang khusus untuk dapat ditambahkan fitur keamanan, sehingga fitur security dan security plus tidak ada di model BMW lain.

(Baca juga: Wuih, BMW X5 Ini Anti Peluru)

"Karena security dan security plus itu harus dirancang dari awal jadi itu memang yang membedakan brand BMW dengan lainnya. Kalau brand lain bisa dia beli kendaraan normal ditambah aksesori yang kemudian menjadi security vehicle. Kalau BMW dari OEM sendiri jadi kami memproduksi secara khusus untuk security dan security plus," pungkas Jodie. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini