nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP AUTOS OF THE WEEK: Mantap! Mobil BMW untuk Dubes dan Presiden RI Antipeluru

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 15 Oktober 2017 10:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 15 15 1795711 top-autos-of-the-week-mantap-mobil-bmw-untuk-dubes-dan-presiden-ri-antipeluru-5SGQtBaj5y.jpg BMW Seri 7 (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - BMW Group Indonesia memiliki dua produk yang ditawarkan untuk para duta besar (dubes) yang bertugas di Indonesia yaitu SUV X5 dan sedan Seri 7. Tidak seperti X5 dan Seri 7 yang dipasarkan untuk masyarakat umum, kedua model tersebut telah dibekali dengan fitur khusus salah satunya anti peluru.

"Kalau dilihat dari eksterior sama seperti BMW X5 dan Seri 7 kebanyakan tapi bahan pada bodi mobil yang digunakan akan menjamin keamanan dari pengemudi dan penumpangnya. Jadi di bagian luar lapisannya itu bisa melindungi. Bahkan mobil dengan fitur security plus antipeluru dari senjata AK47 yang merupakan senjata paling mematikan," jelas Jodie O'tania, vice president corporate communication BMW Group Indonesia.

(Baca juga: Ternyata, Mobil Seri 7 & X5 untuk Dubes di Indonesia Antipeluru Senjata AK47)

Selain itu, lanjut dia, ban juga sudah disesuaikan dengan keamanan tingkat tinggi, fuel tank bisa menutup otomatis, serta ada alat komunikasi khusus di dalam yang memungkinkan penumpang dan pengemudi dapat menghubungi orang di luar.

Jodie menambahkan, kedua model mobil tersebut didatangkan langsung dari Jerman dalam bentuk utuh (completely built up/CBU), tidak diproduksi secara lokal.

"Karena untuk spesifikasi kendaraan yang dirakit secara lokal sudah ada khusus jadi konsumen tidak bisa tambah aksesori ini-itu. Kalau untuk kendaraan diplomatik semua CBU," tambahnya.

Selain untuk dubes, BMW juga menawarkan Seri 7 sebagai kendaraan dinas Presiden Republik Indonesia (RI).

Jodie O’tania mengatakan bahwa dalam mengajukan kendaraan untuk Presiden tidak mudah banyak tahapan yang harus dilalui. Di samping itu tidak ada batasan kapan pergantian mobil kepresidenan harus dilakukan.

"Prosesnya ada di Sekretariat Negara. Kita sudah pernah masukan proposal, artinya sudah dilakukan. Proses pitching dibuka pada periode tertentu, dan dari kita sudah memberikan penawaran," kata Jodie.

Namun lanjut Jodie semua keputusan ada pemerintah Indonesia pihaknya hanya menawarkan produk dan menginformasikan fitur-fitur apa saja yang ada di produk tersebut.

BMW Group Indonesia sendiri menawarkan seri 7 karena memiliki sistem keamanan yang tinggi.

"Produknya sudah ada yaitu BMW seri 7. Kita sudah lengkapi dengna security dan security plus, dan sangat memenuhi tingkat keamanan yang dibutuhkan. Yang kami berikan sudah pasti model dan spesifikasi yang paling tinggi," pungkas Jodie.

(Baca juga: Wow, BMW Tawarkan Seri 7 untuk Mobil Presiden RI)

Seperti diketahui, saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil Mercedez-Benz S600 Pullman Guard. Mobil Jerman ini bukan kendaraan mewah biasa, karena dibuat khusus untuk para pemimpin dunia dengan tingkat keamanan tinggi.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard untuk Presiden Jokowi dibuat dengan material tahan peluru berstandar Eropa B6/B7. Kemudian aman dari tembakan senjata ringan, granat tangan, serta peledak ringan lainnya.

Sedan produksi 2008 tersebut dipasangkan mesin 6.000 CC V12 dengan tenaga mencapai 525 hp. Ban Mercy S600 Pullman Guard masih bisa melaju sejauh 60 km jika kempis atau bocor. Lalu ada sistem pemadam kebakaran otomatis, pengaturan udara, dan panic alarm system. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini