Masih Prototipe, Berapa Persen Tingkat Kemiripan Skuter Listrik GESITS dengan Versi Produksi?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 15 1799083 masih-prototipe-berapa-persen-tingkat-kemiripan-skuter-listrik-gesits-dengan-versi-produksi-VrhNRMZVuF.jpg Skuter listrik GESITS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Skuter listrik karya anak bangsa yang diberi nama GESITS siap masuk jalur produksi pada kuartal pertama tahun depan. Proyek kerja sama antara Garansindo Group dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu akan diproduksi di salah satu fasilitas di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Skuter GESITS yang diperlihatkan sekarang ini masih dalam bentuk prototipe belum versi produksi. Chief Executive Officer (CEO) Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah mengatakan nantinya versi produksi dari GESITS tidak akan mengalami perubahan yang darastis dibanding prototipe.

(Baca juga: Ramah Lingkungan, Presiden Jokowi Dukung Kendaraan Listrik Garapan Anak Bangsa)

"ya enggak terlalu jauh dari versi prototipe, hanya lebih sedikit lebih futuristik, lebih modern tapi soul-nya masih seperti itu. Ya kira-kira 90 persen mirip," katanya, di Jakarta belum lama ini.

Adanya sedikit perbedan antara prototipe dengan versi produksi menurut Al itu merupakan hal wajar, mengingat skuter listrik GESITS masih terus dikembangkan, termasuk soal fiturnya.

"Prinsipnya sama, cuma mungkin yang versi produksi akan lebih canggih itu pastilah, kalau versi produksi ada beberapa fitur yang tambah. Serat karbon di bodi motor sudah enggak pakai. Ada tambahan grafis, pasti ada finishing, detailing-nya, yang penting harganya terjangkau," terang dia.

Sementara itu mengenai komponen, saat ini GESITS belum 100 persen menggunakan kandungan lokal. Salah satu komponen yang memang sulit untuk didapat secara lokal dan harus impor adalah baterai. Di Indonesia sendiri belum ada pabrik baterai khusus kendaraan listik, namun sudah ada beberapa perusahaan yang berniat untuk memproduksinya.

"Di Indonesia punya enggak industri baterai motor listrik, kalau saat ini enggak ada, masa kami yang bikin sendiri, bangun pabrik baterai untuk kendaraan listrik investasinya enggak kecil," ungkap Al.

(Baca juga: Mantap! Skuter Listrik Hasil Karya Anak Bangsa Siap Dipasarkan, Menteri Jonan: Ini Kita Dukung)

Skuter listrik GESITS dibekali motor listrik berdaya 5 kW dan baterai 5 kWh yang memungkinkan motor melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam. Dengan pola berkendara di kecepatan 60-80 kilometer per jam skuter ini mampu menjelajah hingga jarak 100 kilometer untuk sekali isi ulang baterai. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini