Uji Coba Mobil Tanpa Sopir, General Motors Pilih Jalan Ramai

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 20 Oktober 2017 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 15 1799410 uji-coba-mobil-tanpa-sopir-general-motors-pilih-jalan-ramai-3atoJ0BCq1.jpg Chevrolet Bolt (Motortrend)

NEW YORK - General Motors (GM) memilih jalan raya yang ramai untuk menguji mobil otonom (tanpa sopir). Keputusan tersebut diambil karena dipercaya dapat memberikan banyak keuntungan dibanding perusahaan lain yang menguji mobil otonom di pinggiran kota yang sepi.

(Baca juga: Seperti Robot 'Star Wars', Ini Wujud Mobil Otonom Apple saat Diuji Coba)

Dilaporkan Reuters, rencannya GM dengan perancang kendaraan otonom, Cruise Automation akan mulai menguji mobil tanpa sopir di New York pada awal 2018. GM akan menjadi perusahaan automotif pertama yang menguji mobil otonom level 4 di jalan raya New York.

Kelebihan dari teknologi otonom level 4 adalah tidak perlu memasang lingkar kemudi, dan tanpa pengemudi. Namun pada saat pengujian nanti, GM tetap akan menempatkan dua orang di kabin untuk memantau mobil saat bergerak, selain itu mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, mengingat betapa sibuknya arus lalu lintas di New York.

(Baca juga: General Motors Mulai Uji Coba Mobil Otonom)

Sebelumnya pabrikan asal Amerika Serikat itu pernah menguji mobil otonom di beberapa lokasi seperti di Scottsdale, Arizona, dan San Francisco. Saat itu GM menggunakan Chevrolet Bolt EVs.

Arizona menjadi salah satu lokasi favorit untuk melakukan pengujian dan pengembangan mobil otonom. Sebelumnya Google juga pernah menguji mobil otonom di daerah tersebut.

(Baca juga: Rekrut Puluhan Ahli Mobil, Apple Uji Coba Kendaraan Otonom)

Berkat biaya operasi yang relatif murah dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Arizona untuk menguji mobil berteknologi otonom di jalan umum menjadi alasan kedua perusahaan itu mengujinya di sana. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini