nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Hyundai Ciptakan Airbag Panoramic Sunroof Pertama di Dunia

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 17:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 27 15 1803690 keren-hyundai-ciptakan-airbag-panoramic-sunroof-pertama-di-dunia-v8DxXrOfHy.jpg Airbag panoramic sunroof (Paultan)

SEOUL - Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan pada mobil yang dapat mengurangi potensi cedera pengemudi dan penumpang pada saat terjadi kecelakaan. Umumnya airbag pada kabin mobil terdapat di beberapa tempat seperti dabor, jendela, samping jok, dan di bawah dasbor. Namun sampai sekarang belum ada mobil yang memiliki airbag pada bagian atap.

Mengetahui hal tersebut Hyundai Mobis, perusahaan afiliasi Hyundai Motor Group melakukan trobosan baru yaitu mengembangkan sistem airbag atap untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof. Dilaporkan Paultan, Hyundai menjadi pabrikan automotif pertama yang menciptakan airbag panoramic sunroof pertama di dunia.

(Baca juga: Hanya Punya Satu Pabrik Perakitan Mobil di Indonesia, Menperin Minta Hyundai Tingkatkan Investasi)

Dilaporkan pula bahwa saat ini airbag tersebut tengah menjalani pengujian, termasuk uji reliabilitas sistem, ketahanan panas, dan uji ketahanan terhadap getaran.

Dengan adanya sistem tersebut diyakini bisa mengurangi cedera dan mencegah badan penumpang terlempar keluar mobil melalui sunroof jika terjadi kecelakaan dan mobil terguling.

Perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan itu mengklaim bahwa airbag akan mengembang dengan cepat sekira 0,08 detik ketika terjadi kecelakaan. Airbag akan mengembang dari belakang ke depan mirip seperti tirai. Jika sudut putar kendaraan berubah karena mobil terguling, sensor akan mendeteksi, dan inflator menyebarkan airbag.

Perusahaan juga menjelaskan struktur airbag sunroof lebih kompleks daripada airbag biasa, diperlukan penelitian yang panjang untuk memastikan airbag bisa mengembang dengan stabil dan aman.

(Baca juga: Modifikasi Hyundai Elantra Sport, Keren Bergaya Racing)

"Kami mengumumkan teknologi ini pada konferensi keselamatan automotif global yang diadakan di Amerika Serikat (AS) pada bulan Juni, dan banyak menarik perhatian institusi, terutama yang terkait dengan petugas keselamatan dan industri jalan di AS. Kami akan fokus pada model SUV premium dan menjadi pemimpin global dengan airbag canggih," kata seorang pejabat Hyundai Mobis. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini