nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP AUTOS OF THE WEEK: Mau Tahu Mobil yang Sering Dikeluhkan Konsumen? Ini Daftarnya

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Minggu 29 Oktober 2017 08:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 28 15 1804392 top-autos-of-the-week-mau-tahu-mobil-yang-sering-dikeluhkan-konsumen-ini-daftarnya-cOViYqj3JJ.jpg Chevrolet Camaro (Carscoops)

SAN FRANCISCO - Setiap tahun lembaga riset pasar dan konsumen, Consumer Reports tidak pernah lupa untuk mengeluarkan data mengenai mobil yang paling banyak dikeluhkan oleh konsumen. Tidak sembarang data, sebelum merilisnya Consumer Reports melakukan survei terlebih dahulu. Setidaknya 400 ribu responden yang dilibatkan dengan total kendaraan mencapai 640 ribu unit.

(Baca juga: Daftar Merek Mobil yang Paling Banyak Dikeluhkan Konsumen, Apa Saja? 1)

Semua konsumen yang dijaring merupakan pemilik mobil baru. Penelitian kali ini difokuskan pada 17 area, mulai dari gangguan kecil, seperti kualitas trim yang buruk, hingga masalah yang lebih besar seperti perbaikan powertrain di luar garansi.

Berikut ini mobil yang sering dikeluhkan oleh konsumen di Amerika serikat:

1. Tesla Model X

Meskipun memiliki fitur canggih, mobil listrik jenis sport utility vehicle (SUV) ini sering dikeluhkan oleh pemiliknya terutama pada saat ingin membuka dan menutup pintu karena sensornya sering gagal.

2. Cadillac Escalade

Bukan jaminan bahwa mobil premium jauh dari keluhan konsumen, buktinya Cadillac Escalade. Banyak konsumen yang mengeluh soal entertainment mobil selalu nge-hang, dan sistem kontrol AC di dashboard yang tiba-tiba berada pada suhu tertinggi padahal pengemudi tidak menmgaturnya. Masalah lainnya ada pada powertrain seperti irregular idling, rough shifts, dan lainnya.

3. Volvo XC90

Masalah utama SUV premium asal Swedia ini terdapat pada bagian sistem entertainment yang rumit.

4. Ford Fiesta

Konsumen Ford Fiesta banyak mengeluhkan soal kontrol AC yang bisa berhenti bekerja secara tiba-tiba dan menutut transmisi dual clutch diganti.

5. Ford Focus

Hasil survei tahun ini, pemilik Ford Focus banyak yang mengeluhkan transmisi yang keras dan kasar.

6. Fiat 500

Meskipun bertahun-tahun berada di pasaran, Fiat 500 selalu mendapat keluhan dari pelanggan. Pada survei kali ini banyak konsumen yang mengeluhkan rem, dan sistem elektrik di dalam mobil.

7. GMC Acadia

Sport utility vehicle (SUV) tiga baris bangku ini mengalami masalah sistem kelistrikan di kabin mobil. Akibatnya perangkat hiburan yang berada di bangku baris kedua tidak bekerja dengan baik.

8. Jaguar F-Pace

SUV pertama Jaguar ini juga mengalami masalah yang tidak terlalu berbeda dengan GMC Acadia yaitu sistem kelistrikan kabin dan perangkat hiburan yang tidak bekerja sempurna.

9. Mercedes Benz GLC-Class

Pemilik SUV mewah asal Jerman ini mengeluhkan adanya permasalah pada rem, kemudi dan suspensi serta power equipment.

(Baca juga: Daftar Merek Mobil yang Paling Banyak Dikeluhkan Konsumen, Apa Saja? 2 )

10. Chevrolet Camaro

Pemilik Camaro terbaru telah melaporkan masalah kecil yaitu pada bagian transmisi dan masalah dengan sistem elektrik mobil dan sistem penggeraknya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini