Fitur Keselamatan di Mobil Toyota Fortuner Setya Novanto Tak Berfungsi, Ini Penjelasannya!

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 17 November 2017 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 17 15 1816072 fitur-keselamatan-di-mobil-toyota-fortuner-setya-novanto-tak-berfungsi-ini-penjelasannya-LiuSpbSUiy.JPG Foto : Dok. Okezone

JAKARTA – Kecelakaan yang dialami Setya Novanto kemarin malam masih menjadi pertanyaan hingga kini, sebab mobil yang ditungganginya dikenal memiliki fitur keselamatan yang canggih. Bahkan tahun lalu, Toyota Fortuner pernah mendapat bintang lima untuk tingkat keselamatan.

Mobil Toyota Fortuner dengan nomor polisi B 1732 ZLO yang dikendarai Setya Novanto diketahui telah menabrak tiang listrik. Sebagian badan mobil pun juga masuk ke trotoar di sekitar lokasi.

Terlihat jelas bagian bemper depan mobil juga ringsek. Roda kanan depan pun mengalami kerusakan karena efek tabrakan dengan trotoar. Namun, yang menjadi pertanyaan, bagaimana airbag yang terdapat di mobil tersebut tak muncul saat terjadi benturan antara mobil dan tiang listrik?

Mengulas sedikit tentang fitur keselamatan dari mobil tersebut, Toyota Fortuner sudah dilengkapi dengan EBS (Emergency Breaking System) yang berfungsi untuk memberikan peringatan berbahaya dengan lampu yang akan menyala saat terjadi kondisi pengereman mendadak, dan mencegah kemungkinan terjadi tabrakan beruntun.

Begitupun dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC), dengan fitur ini pengendara juga akan dikontrol saat melewati tikungan atau pun jalanan yang berkelok.

Dan fitur yang paling penting, Toyota Fortuner juga dilengkapi Dual SRS Airbag yang terletak di bagian dashboard-nya, kemudian ditambah dengan dua kantung udara, yakni satu untuk melindungi bagian samping penumpang depan dan satu lagi berfungsi untuk melindungi bagian lutut pengemudi.

Tetapi, tak memungkiri jika fitur keselamatan tersebut tak bisa difungsikan atau error. Namun bisa jadi, benturan yang dialami Setya Novanto tak terlalu parah. Hingga kini, pihak Toyota belum mengkonfirmasi perihal masalah airbag tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini