Tertangkap Kamera CCTV Tak Pakai Seat Belt, Siap-Siap Didenda Rp3 Juta

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 15 1818032 tertangkap-kamera-cctv-tak-pakai-seat-belt-siap-siap-didenda-rp3-juta-0Wu2g56M1r.jpg Ilustrasi Foto: Reuters

JAKARTA - Kamera CCTV biasanya difungsikan untuk memantau kejahatan di rumah maupun di jalan raya, tapi kini di salah satu kota Inggris, Northumbria kamera itu digunakan untuk mendeteksi pelat nomor ilegal.

Mengutip The Sun, Rabu (22/11/2017), namun tak hanya itu, CCTV juga bisa mendeteksi penumpang yang tidak memakai sabuk pengaman dan pengemudi yang menggunakan ponsel saat sedang mengemudikan mobilnya.

Sebagai informasi, antara Agustus dan November 2015, hampir 700 pengendara di timur laut tertangkap oleh CCTV yang ditandai dengan kotak kuning. Rata-rata mereka terseret kasus selain melaju kencang di jalan raya.

Baca Yuk: Prototipe SUV Baru Volkswagen Bikin Merinding, Nih Buktinya!

Menurut Northumbria Road Safety Initiative, kejahatan yang paling umum biasanya adalah pengemudi tak mengenakan sabuk pengaman, sebanyak 604 orang tertangkap.

Polisi setempat juga menjemput dan menepikan orang-orang yang menggunakan ponsel saat mereka di jalan tol.

Melihat hal itu, undang-undang baru akan dibuat Maret tahun depan, dan pengguna yang didapati melanggar akan dikenakan enam titik penalti sebanyak 200 euro atau sekira Rp3 juta.

Baca Dong: Tampil Original, Mercedes Benz CLS Kasih Intip Penampakannya di 2019

“Deteksi kamera adalah alat hebat yang digunakan untuk membantu polisi memberlakukan semua undang-undang di jalan,” ungkap Kepala operasi di Kepolisian Northumbria, Inspektur Sarah Pitt.

Sarah melanjutkan, “Banyak yang berpikir ngebut di jalan adalah salah satunya masalah yang terdeteksi, tetapi mengemudi tanpa sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat mengemudi, dan lebih banyak lagi bisa diidentifikasi dan merupakan semua tindakan yang membuat jalan kita menjadi bahaya, begitupun bagi pengendara dan pejalan kaki.”

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini