nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaatkan Facebook, Honda Cari Mobil yang Menggunakan Airbag Takata

Zahra Muhamad Afra, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 10:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 21 15 1818115 manfaatkan-facebook-honda-cari-mobil-yang-menggunakan-airbag-takata-yttIMFKNsy.jpg Ilustrasi Foto: Reuters

MINATO - Permasalahan pada kendaraan memang cukup membahayakan dan dapat mengakibatkan pengemudi terluka. Mungkin beberapa orang menganggap hal itu tidak mungkin terjadi seketika.

Melansir Ubergizmo, Rabu (22/11/2017), namun, kenyataannya masih ada beberapa kendaraan di luar sana yang masih harus diperbaiki. Seperti yang di informasikan belakangan ini, mobil seperti Toyota, Honda, dan Nissan yang dilengkapi dengan Takata airbag harus segera diperbaiki.

Honda memiliki cara tersendiri untuk menjangkau pengguna yang belum memperbaiki kendaraan mereka. Perusahaan tersebut berencana menggunakan video di Facebook untuk mencari pemilik Honda yang memiliki permasalahan untuk membawa mobil mereka untuk diperbaiki.

Baca Juga: Prototipe SUV Baru Volkswagen Bikin Merinding, Nih Buktinya!

Produsen asal Tokyo itu rencananya akan mencocokan e-mail dengan alamat kendaraan yang terdaftar di Facebook. Menggunakan perangkat alat yang memungkinkan pos ditargetkan pada khalayak tertentu seperti bahasa, gender, wilayah, usia, dan sebagainya.

Sebuah laporan mencatat bahwa sepertiga kendaraan di Amerika Serikat (AS) telah di-recall. Sedangkan yang telah ditarik telah diperbaiki. Hingga saat ini 43 juta inflator di 34 juta kendaraan telah ditarik pada akhir tahun lalu. Jumlah itu akan melonjak hingga 65 juta inflator.

Sejauh ini, sistem airbag yang bisa melemparkan pecahan logam jika kantong udara dilepaskan telah menewaskan 18 orang dan melukai hampir 200 orang.

Baca Yuk: Tertangkap Kamera CCTV Tak Pakai Seat Belt, Siap-Siap Didenda Rp3 Juta

Awal tahun, Dapertemen Kehakiman AS mendakwa tiga eksekutif Takata atas tuduhan memalsukan laporan. Pada Februari Takata mengaku bersalah atas penutupan kantung udara yang salah dan setuju membayar USD1 miliar untuk restitusi ke pembuat mobil, denda dan menanggung dana untuk korban. Pada Juni perusahaan mengalami kebangkrutan.

Di antara produsen mobil, Honda mengalami banyak perbaikan untuk sistem airbag Takata. Sejauh ini telah memperbaiki hampir 65% sistem recall kedua setelah Tesla yang telah memperbaiki lebih dari 78%, dan Subaru mengisi tingkat ketiga perbaikan sebesar 50% tingkat perbaikan. Di urutan terbawah adalah Mercedes Benz yang telah memperbaiki kurang dari tiga persen kendaraan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini