Wuling Cortez Vs Toyota Innova, Siapa Unggul?

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 19 15 1832696 wuling-cortez-vs-toyota-innova-siapa-unggul-6uF6BWmYom.jpg Foto: Sindonews

JAKARTA - Pabrikan otomotif asal China, Wuling Motors Indonesia resmi memasarkan unit terbaru, yakni Wuling Cortez. Mobil ini digadang-gadang bakal menjadi pesaing mobil MPV lain seperti Toyota Kijang Innova. Lalu siapa yang lebih unggul di antara keduanya?

Wuling Cortez memiliki mesin 1.800 CC berbahan bakar bensin. Dikutip dari sindonews, mesinnya bisa memproduksi tenaga 129 HP pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 174 Nm yang dipadukan dengan transmisi i-AMT (inteligent automated mechanical transmission).

Sedangkan Toyota Innova Crysta dilansir dari Indianautosblog, dibekali mesin berkapasitas 2.000 CC yang mampu menghasilkan tenaga 139 ps dan torsi 183 nm. Namun ada juga yang berbahan bakar solar yang mesinnya berkapasitas 2,4 liter.

Lebih lanjut generasi kedua dari Toyota Innova tersebut memiliki panjang 4.735 milimeter, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

[Baca Juga: Wuling Cortez Resmi Masuk Pasar Otomotif Indonesia, Ini Spesifikasinya]

Dimensi Wuling Cortez hampir sama dengan Innova Crysta, yakni wheelbase 2.750 mm, lebar 1.785 mm, panjang 4.685 mm, dan tinggi 1.745 mm.

Dalam Wuling Cortez fitur-fitur andalan lainnya adalah automatic vehicle holding (AVH) yang berfungsi menahan mobil dalam kondisi menanjak, menurun atau datar sekalipun.

Kemudian ada kombinasi sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), electronic braking force distribution (EBD) dan brake assist (BA).

"Ini merupakan sistem pengereman canggih yang mencegah roda terkunci dan kehilangan kendali di jalan licin, mendistribusikan gaya pengereman kendaraan, membantu daya pengereman yang lebih maksimal," kata Vice President VSSM Wuling Motors, Cindy Cai.

 

Foto: Rushlane

Sementara dalam sistem pengereman Innova Crysta juga disematkan ABS, EBD dan BA. Toyota Innova Crysta dilengkapi lampu proyektor yang terintegrasi dengan LED sebagai lampu senja, dan grille heksagonal depan berdimensi besar. Di bagian belakang, lampu rem berbentuk "L" dengan LED.

Wuling Cortez dirancang dengan pencahayaan lampu LED. Bahkan disematkan pengaturan lebel lampu.

Sistem audionya berupa audio-video layar sentuh 8 inci yang bisa tersambung ke USB, bluetooth, SD, dan navigasi.Dalam Innova Crysta seperti laporan Rushlanejuga disematkan fitur dengan teknologi serupa.

[Baca Juga: Generasi Terbaru Toyota Innova Dinamai Innova Crysta]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini