nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gantikan Si Pintu Lipat, Avanza dan Wuling Siap Jadi Angkot Februari 2018

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 19 15 1832825 gantikan-si-pintu-lipat-avanza-dan-wuling-siap-jadi-angkot-februari-2018-pbVrfwCvHp.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)

JAKARTA - Pihak Toyota Avanza dari Toyota, Wuling, Daihatsu, dan Suzuki menawarkan diri untuk menyediakan angkutan kota (angkot) masa depan yang ber AC di Jakarta. Namun itu baru sebatas lisan.

Demikian dikatakan Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan kepada Okezone, Selasa (19/12/2017).

Menurutnya, empat perwakilan merek tersebut hadir dalam rapat terakhir yang membahas model angkot 2018. Namun surat resmi pengajuan belum dilayangkan.

"Pengajuan surat resmi (menawarkan model mobil) belum, itu baru komunikasi awal pada rapat terakhir," ujar Shafruhan menegaskan.

[Baca Juga: Kabin Penumpang Diubah, Ini Konsep Angkot Masa Depan di Jakarta]

Targetnya angkot dengan pintu terbuka atau pintu lipat sudah mulai ditinggalkan pada Februari 2018. Artinya peralihat dari model angkot lama ke angkot baru dilakukan secara bertahap.

Selain ber-AC, konsep angkot masa depan direncanakan dengan desain bangku menghadap ke depan. Dengan begitu kenyamanan penumpang menjadi meningkat.

"Tak hanya di Jakarta, ekspektasi pemumpang di seluruh Indonesia kenyamanan dan keamanan kan jadi prioritas," tuturnya.

[Baca Juga: Makin Banyak Pesaing, Mau Dibawa ke Mana Toyota Avanza?]

Aturan angkot harus memiliki AC sendiri tertuang dalam peraturan menteri perhubungan. Poin pembahasannya ada pada standar pelayanan minimum.

"Usulan itu untuk memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29/2015, di mana salah satunya mewajibkan angkutan kecil berfasilitas air conditioner (AC). Aturan tersebut berlaku mulai 2018," kata Shafruhan beberapa waktu lalu.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini