Share

Angkot Pintu Lipat Wajib Diganti Mobil Ber-AC saat Peremajaan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 22 15 1834343 angkot-pintu-lipat-wajib-diganti-mobil-ber-ac-saat-peremajaan-Y0G8IJNPku.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)

JAKARTA - Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) DKI Jakarta menyatakan pihak Avanza dari Toyota, Wuling, Daihatsu, dan Suzuki sudah menawarkan diri untuk menyediakan angkot masa depan yang ber AC.

Jika nanti sudah resmi bekerjasama, maka angkot model baru yang ber AC dan bangkunya menghadap ke depan, akan diluncurkan pada Februari 2018.

Lalu bagaimana dengan angkot model lama? Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengatakan secara bertahap harus ditinggalkan. Sistemnya adalah setiap angkot yang mengalami peremajaan, maka unitnya wajib diganti dengan model baru.

[Baca Juga: Gantikan Si Pintu Lipat, Avanza dan Wuling Siap Jadi Angkot Februari 2018]

"Jadi secara bertahap angkot pintu lipat diganti. Siapa yang mau meremajakan angkot, maka harus menggantinya dengan angkot yang ber-AC dan bangkunya menghadap ke depan," ujarnya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Selain itu, bagi pengusaha angkot yang ingin memperpanjang izin trayek juga harus mengikuti konsep baru. Yakni mengganti unit angkot berpintu samping terbuka tersebut dengan model baru yang bera AC dan tertutup.

Hal ini dilakukan karena bisnis angkutan tak bisa hanya dipikirkan dari sudut pandang bisnis saja. Namun karena menawarkan jasa layanan, maka harus memikirkan aspek kenyamanan penumpang.

Aturan angkot harus memiliki AC sendiri untuk memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29/2015.

[Baca Juga: Kabin Penumpang Diubah, Ini Konsep Angkot Masa Depan di Jakarta]

 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini