Share

Mengenal Mobil Dinas Adolf Hitler Sang Diktator, Ini Penampakannya

Abu Sahma Pane, Okezone · Rabu 27 Desember 2017 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 27 15 1836315 mengenal-mobil-dinas-adolf-hitler-sang-diktator-ini-penampakannya-zfJoXB2tqC.jpg

JAKARTA - Adolf Hitler, Kanselir Jerman yang berkuasa sejak 1933 sampai 1945, sangat terkenal karena sangat otoriter. Namun adakah yang tahu mobil yang ia pakai saat berkuasa?

Melansir Newsweek pada Rabu (27/12/2017), sang diktator disebut memakai Mercedes Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen pada 1939. Ketika itu mobil ini dijuluki Super Mercedes.

Sejarah mencatat bahwa unit ini ia pakai berdinas selama dua tahun, atau hingga 1941. Suatu unit yang merupakan pencapaian besar kala itu.

Bagaimana tidak, ketika teknologi belum semaju sekarang, Mercedes Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen sudah mampu melesat dengan kecepatan 100 mil per jam.

Lalu kemana mobil tersebut setelah tak dipakai Hitler? Dikabarkan Super Mercedes diambil tentara AS tepat setelah Perang Dunia II, pada tahun 1945. Ini menjadi bagian dari koleksi Casino Imperial Palace di Las Vegas.

Sementara itu, model Mercedes Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen ternyata tak hanya dipakai Hitler seorang. Sebab mobil jenis itu juga pernah dipakai Kaisar Hirohito dari Jepang, Raja Norwegia, diktator Portugis António de Oliveira Salazar, diktator Spanyol Jenderal Francisco Franco dan Paus Pius XI.

Mobil Hitler sendiri berwarna hitam dengan dua lampu utama yang bulat, dan dua lampu tambahan di bawahnya yang juga bulat namun lebih kecil.

Unitnya tampil dengan atap terbuka, setir di kiri, desai spion bulat, dan kap mesin yang memanjang ke depan.

Mercedes Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen dirancang dengan dua pintu. Yang unik adalah ban serap yang digantung di sisi kap mesin. Mobil itu sendiri bakal dilelang di Scottsdale, Arizona pada 18 Januari 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini