Bedah Toyota Rush Terbaru, Lega dan Ragam Ide untuk Minimalisir Turbulensi

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 09 15 1842629 bedah-toyota-rush-terbaru-lega-dan-ragam-ide-untuk-minimalisir-turbulensi-2kV3Lxiwx8.jpeg Foto: Okezone

BATU - Banderol All New Toyota Rush 2018 tak naik dibanding harga generasi sebelumnya. Lalu apakah ini membuat Rush terbaru minim perubahan?

Tentu saja tidak, sebab secara kasat mata desain dan posturnya mengalami perubahan total yang membuatnya lebih lega. Apalagi ban serep tak lagi tergantung di pintu belakang. Belum lagi fitur-fitur interior yang meningkat drastis.

Mari mulai dari rancangannya yang dimaksudkan untuk tujuh penumpang, namun sebenarnya bila sedikit memaksa bisa memuat delapan orang, yakni tiga di belakang, tiga di tengah, dan dua di depan.

Product Knowledge Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Gandhi Ahimsaputra mengatakan, itu karena unit baru ini memiliki panjang yang bertambah 230 mm, atau menjadi 4.435 mm. Sementara lebarnya mencapai 1.685 mm dengan tinggi 1.705 mm, dan jarak antar roda (wheel base) 2.685 mm.

[Baca Juga: Harga Rush 2018 Turun, Toyota: Ini Seperti Dono Kasino Indro]

Bandingkan dengan dimensi Toyota Rush sebelumnya, yakni 4.420 x 1.745 x 1.740 mm. "Jadi walaupun 7 seat, tapi muat delapan orang, yakni 3 orang kayak saya (perawakan tak gemuk) di baris belakang," ujarnya di sela acara test drive Toyota Rush terbaru di Kota Batu.

 

Lanjut ke eksterior yang kini tampil dengan lampu LED reflektor. Ini adalah penyematan pertama di produk Toyota yang membuat sorot cahaya lampu utama lebih merata.

Sementara jenis rumah fog lampnya dibuat senada dengan lampu belakang. Hal ini bertujuan membuat desain bodi belakang dan depan menyatu, dan diklaim menjadikan Rush stylish, seperti kelas SUV.

Melirik ke spion, ternyata bentuknya lebih pipih dibanding punya Rush terdahulu. Ghandi menuturkan bahwa desain baru ini bertujuan membelah udara sehingga getaran atau turbulensi yang masuk ke kabin berkurang.

Lalu ada juga anthena yang bentuknya berupa sirip hiu. Fungsinya masih sama, yakni membelah udara sehingga tabrakan terhadap angin berkurang.

Tak sampai di situ, turbulensi juga diminimalisir dengan side signature fin di bagian belakang. Yakni berupa tambahan penghalang udara di sisi kiri kanan spoiler. Dipasang dengan menempel ke rusuk kaca belakang.

Balik lagi ke teknologi pencahayaan yang sebenarnya terkoneksi dengan fitur di dalam kabin. Yakni di atas dhasboard sekira di depan setir ada satu sensor yang berfungsi mendeteksi cahaya.

Jika sensor tersebut menangkap kegelapan seperti di terowongan, maka lampu utama akan otomatis menyala. Lalu jika gelap malam dan sopir lupa menyalakan lampu, maka sensor itu juga akan menunjukkan kemampuannya dengan sensifitas yang mampu menyalakan lampu utama secara otomatis.

Sektor safety lainnya adalah penyematan 6 airbag , Anti-lock Braking System (ABS) untuk mengurangi risiko tabrakan, dan Hill Start Assist Control (HSA) untuk jalan mendaki.

Tak terlewatkan penambahan seatbelt yang merupakan bagian fitur keselamatan. Jika sebelumnya hanya ada untuk penumpang baris depan dan tengah, maka di All New Rush disematkan 7 seatbelt atau pada semua bangku.

Jangan coba-coba tak memakainya saat di dalam mobil ini. "Lampu alarm di depan akan menyala jika tak dikenakan," tutur Ghandi.

Lalu perkenalkan engine start stop button. Tentu saja menyalakan mobil ini dengan tombol, namun yang terbaru adalah untuk membuka pintu tak perlu lagi menekan smart key. Pada Toyota Rush TRD terbaru cukup kantongi saja remote atau smart key itu, maka pintu tinggal dibuka dan tekan tombol engine start stop untuk menyalakan mesin.

Sementara pada Rush G, untuk membuka pintu pengemudi masih harus menekan tombol pembuka pintu di remote. Baru bisa masuk mobil untuk menekan tombol engine start stop.

Pembaruan lain pada unit ini adalah penyematan sensor kamera parkir, entertain double din dengan 7 inc, bisa dikontrol dari tombol-tombol di setir, atau akses koneksi ke smartphone.

 

Selain itu ada penambahan speaker dari enam dan delapan. Bahkan port charger atau colokan tak hanya di depan, tapi disematkan juga satu di baris tengah dan dua di belakang.

Lalu AC dengan doble blower dengan kontrol di depan dan di tengah. Pada Rush TRD fitur kontrol udara berbentuk putaran seperti tuning radio, sementara pada Rush G berbentuk tombol-tombol.

Sektor yang tak ketinggalan dari sorotan adalah suspensi. Kebisingan mobil ini diklaim lebih rendah dari Rush sebelumnya karena disematkan stabilizer tambahan di belakang.

Lalu bagimana dengan mesin? Toyota meninggalkan dapur pacu 3SZ-VE 1.5L dengan menyematkan 2NR-VE 1.5L, mesin yang sudah lebih dulu digunakan di Grand New Avanza.

[Baca Juga: Perbandingan Harga Toyota Rush Terbaru dengan Daihatsu Terios Terbaru, Cek di Sini]

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini