nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Datsun Terbaru Naik Rp28 Juta, Pantaskah untuk Cross dengan Spesifikasi Berikut?

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 19 15 1847217 harga-datsun-terbaru-naik-rp28-juta-pantaskah-untuk-cross-dengan-spesifikasi-berikut-szs1udTch3.jpg Foto: Abu Sahma Pane

JAKARTA - PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito membanderol mobil anyar Datsun Go Cross mulai Rp163 juta. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Go+ Panca T-Ultimate, maka harganya naik Rp28 juta.

Harga Datsun Go+ Panca T-Ultimate sendiri dikabarkan Rp135 juta pada tahun lalu. Apa yang membuat mobil baru ini lebih mahal dari generasi sebelumnya, padahal kapasitas mesinnya sama dengan yang lama?

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito menuturkan mobil ini merupakan crossover pertama Datsun di Indonesia. Hadir dengan transmisi matik berteknologi CVT (Continuous Variabel Transmission) meski masih berkapasitas 1.200 CC.

 

Dasbor dan fiturnya juga mengalami perubahan ke arah yang lebih bagus. Misalnya disematkan sistem infotainment berteknologi layar sentuh 6,75 inci yang terkoneksi bluetooth, USB, Aux, dan smartphone. Lalu AC manual, jendela power dengan fungsi auto up/down, spion yang dapat disesuaikan secara elektrik (dengan lipat manual), dan penyematan wiper belakang serta sensor parkir belakang.

Sementara dimensinya yakni tinggi 1.560 mm, lebar 1.670 mm dan panjang 3.995 mm. Ini artinya lebih besar dari dimensi model lama yang panjangnya hanya 3.785 mm dengan lebar 1635 mm.

Namun kapasitas penumpangnya masih sama, yakni 5 orang. Meski begitu Koito mengklaim masih bisa ditambahkan dua tempat duduk khusus anak di belakang. "Tempat duduk anak untuk berkendara jarak pendek," tuturnya saat peluncuran.

[Baca Juga: Akhirnya Datsun Go Cross Resmi Meluncur, Ini Penampakannya]

Lebih lanjut, jarak sumbu roda Datsun Go Cross 2.450 mm, jarak terendah ke tanah 200 mm, dan radius putarnya 4,6 meter.Lalu velg berdiameter 15 inci.

 

Melihat desain luar, memang ada perubahan ke arah yang lebih sporty, dengan baluran hitam di sekelilingnya. Sementara fog lamp lebih didekatkan ke lampu utama ang diklaim mitip mata elang.

Semua itu dipadu dengan lampu indikator sein dan daytime running lamps (DRL). Ditambah lagi skid plate di bemper depan agar benar-benar tampak seperti mobil crossove. Lalu pantaskah harganya Rp163 juta?

[Baca Juga: Datsun Go Cross Memakai Dasbor Baru, Ini Penampakannya]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini