nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips di Musim Hujan, Jangan "Nyeker" saat Berkendara

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 11:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 22 15 1848330 tips-di-musim-hujan-jangan-nyeker-saat-berkendara-FGgQ2TYOEu.jpg Ilustrasi. Foto: Zifflaw

JAKARTA - Hujan mengguyur Ibu Kota beberapa hari terkahir, termasuk pagi hari ini, Senin (22/1/2018). Kontan kondisi itu pun membuat jalan licin dan perlu lebih waspada ketika berkendara motor.

Agar aman sampai tujun, berikut tips yang mungkin berguna untuk pemotor:

 

1. Jangan "nyeker"?

Usahakan menggunakan sepatu khusus yang tahan air atau setidaknya pakai sepatu biasa namun memiliki grip yang bagus di jalan basah.

Jangan sesekali melepas kaki atau nyeker karena itu membuat kita tak menapak dengan baik saat berhenti.

Nyeker saat bermotor juga membuat pengendara rawan menginjak benda tajam di jalan saat berhenti di lampu merah dan tempat lainnya.

2. Pastikan kondisi helm baik

Hujan kerap membuat kita membuka kaca helm karena pandangan terganggu. Oleh karena itu lebih baik pastikan kaca helm bening dan bersih agar pandangan lebih jelas.

 

3. Cek ban dan rem

Pastikan ban tidak gundul, sebab bisa terpelest karena jalan licin saat hujan.Hindari juga pemakaian ban tipe slik ketika hujan karena tidak memiliki alur yang membuang air sehingga grip ban akan licin. Kampas rem yang prima juga mesti dipastikan.

[Baca Juga: Ini Tips Agar Mobil Tak Mogok saat Menerobos Banjir]

4. Periksa sistem kelistrikan  

Pastikan komponen tersebut bekerja dan terlindung dari air dengan baik. Pasalnya, komponen kelistrikan seperti lampu, klakson, akan rusak bila terkena air. Selain itu, busi juga jangan sampai luput dari pemeriksaan.

5. Jika Cuaca semakin buruk dan kondisi bertambah parah, maka sebaiknya berteduh. Ingat, hindari berteduh di underpass karena itu menimbulkan kemacetan dan rawan kecelakaan.

[Baca Juga: Tips Pertolongan Pertama Menangani Mobil yang Terendam Banjir]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini