nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMW G 310 GS Dirakit di Pabrik Motor TVS, Kok Bisa?

Hambali, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 18:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 22 15 1848607 bmw-g-310-gs-dirakit-di-pabrik-motor-tvs-kok-bisa-sQj771M9q7.jpeg Foto: Hambali/Okezone

TANGERANG SELATAN - BMW Motorrad Indonesia memperkenalkan produk adventurenya, G 310 GS di BSD, Tangerang Selatan (Tangsel). Unit ini dibangun di pabrik motor TVS, namun dipastikan pengerjaannya dilakukan terpisah dan melalui kontrol yang ketat dari BMW.

Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia Joe Frans menjelaskan, semua produk BMW menekankan pada soal enginering dan desain. Sehingga semua komponennya tidak semua diproduksi sendiri, melainkan juga dengan pengerjaan di pabrikan lain.

"Dari mobil maupun motor (BMW), itu tidak semua komponen mereka yang manufakture, bahkan sampai apparel (pakaian) sekalipun. Jadi pabrik yang mereka pakai adalah TVS untuk memproduksi beberapa komponen dari pada motor tersebut," kata Joe.

Dilanjutkan dia, motor BMW G 310 GS diprediksi akan memiliki volume permintaan yang tinggi secara global. Dengan kata lain, kapasitas produksi pabrik BMW yang per tahunnya hanya mencapai sekira 150 ribu unit, tak akan mampu menampung pembuatan komponen menyeluruh dari varian adventure GS ini.

"Karena kapasitas produksi di Berlin (Jerman) pabrik asalnya mereka itu, kapasitas produksinya hanya sekira 150 ribu unit pertahun, dan itu banyak dipakai untuk motor-motor besar. Justru itu, jadi mereka butuh antisipasi dengan membutuhkan pabrik lainnya, tapi tidak mesti TVS," tambah dia.

[Baca Juga: Tanah Liat yang Terjal Jadi Saksi Kelahiran Motor BMW G 310 GS]

BMW G 310 GS ditenagai mesin satu silinder yang memiliki catatan sebagaimana versi G 310 R. Dibekali mesin berkapasitas 313 cc dengan tenaga 34 daya kuda dan torsi 28 Nm. Sedangkan Maximum Speednya adalah 143 km/jam. Secara fisik, bentuknya sesuai sebagai motor pejelajah medan yang dilengkapi ban tebal berdiameter 17 inci.

Menambahkan itu, Produk Manager BMW Motorrad Indonesia, Erik Yohanes Handoko memastikan, sekalipun komponen dibuat di pabrik TVS, namun pengerjaan Assembly-nya benar-benar dilakukan khusus dan terpisah melalui tim pilihan.

"Assembly-nya benar-benar khusus, dan semua quality dikontrol oleh BMW Motorrad, orang yang melaksanakannya pun orang pilihan, bukan dicampur orang TVS. Engine-nya pun terpisah dengan Engine TVS," ungkap Erik.

[Baca Juga: Berbeda dengan Tipe G 310 R, Ini Spesifikasi BMW G 310 GS]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini