nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Mobil Esemka yang Timbul Tenggelam, Ruang Pamernya Sempat Jadi Kandang Sapi

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 14:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 31 15 1852579 cerita-mobil-esemka-yang-timbul-tenggelam-ruang-pamernya-sempat-jadi-kandang-sapi-971VJs2hnF.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Beginilah cerita mobil Esemka, timbul tenggelam namun dimimpikan bisa menjadi mobil nasional.

Tahun 2009

Sejarahnya dimulai, saat anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo unjuk kebolehan dengan membangun mobil.

Karya pertama mereka adalah unit bernama Esemka Rajawali. Pemerintah setempat mengapresiasinya dengan janji pengembangan.

Semakin populer karena kala itu Esemka Rajawali dipakai kepala daerah setempat sebagai kendaraan dinas. Karya anak bangsa ini pun melejit dan jadi pemberintaan media-media nasional. Namun di balik itu ada masalah yang membelunggu.

Tahun 2010

Saat itu Esemka tak lolos uji emisi gas buang, yang dinilai terlalu tinggi.

[Baca Juga: Mobil SUV Esemka Garuda 1 Muncul ke Permukaan, Meluncur Tahun Ini?]

Tahun 2012

Masalahnya masih serupa. Ikut tes lagi di awal tahun, namun tak lolos. Padahal lulus ujian itu adalah syarat memproduksi mobil secara massal. Meski begitu harapan untuk mobil ini tak redup, hasilnya Agustus 2012 ikut tes lagi, dan lolos.

Lalu apakah lulus ujian membuatnya segera diproduksi massal sebagai mobil nasional? Jawabnya tidak, sebab kabarnya justru hilang begitu saja.

Selasa 28 Mei 2013

Bahkan mobil Esemka berplat AD 1 dan AD 2 yang pernah menjadi kendaraan dinas kepala daerah di Solo, rusak tak terurus, dipantau pada Selasa 28 Mei 2013.

Selasa 24 September 2013

Gedung di samping Solo Trade Center (STC) di kompleks Solo Techno Park (STP) yang semula hendak dijadikan ruang pamer mobil Esemka, justru jadi kandang sapi.

Direktur Operasional STP, Gampang Sarwono membenarkan bahwa warga setempat memanfaatkan gedung STC untuk ternak sapi. “Ya benar. Lihat sajalahlah di sana memang banyak sapi,” ungkapnya sambil tersenyum pada Selasa 24 September 2013.

[Baca Juga: Gedung Tempat Perakitan Esemka Jadi Kandang Sapi]

Kamis 11 September 2014

Isu pengembangannya kembali muncul. Inspirator mobil Esemka, Sukiyat mengaku telah menyiapkan Esemka varian khusus untuk digunakan para menteri dalam menjalankan tugasnya. Namun sampai sekarang belum ada produksinya yang meluncur di jalanan.

 

Kamis 23 April 2015.

Kabarnya tak berkembang. Justru Humas PT SMK Dwi Budhi Martono mengatakan mobil itu sedang menanti investor.

Kamis 22 September 2016

Chief Executive Officer (CEO) PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) AM Hendropriyono mengambil alih pengembangan mobil Esemka. Pihaknya membidik perusahaan otomotif dari Eropa dan China setelah kerja sama penelitian dan pengembangan produk kendaraan Esemka dengan Proton Holdings Bhd dihentikan.

Senin 25 September 2017

Foto mobil Esemka berkabin ganda diunggah di akun Facebook Anindya Tejo Martoyo. Satu di antaranya tampak sedang digunakan di jalan umum, sedang tiga lainnya diparkir di depan sebuah rumah.

Selasa 30 Januari 2018

Foto SUV Esemka muncul setelah diunggah akun Facebook Din M Sarjia dan membagikannya ke grup FB Motuba. SUV itu mirip mobil China, Foday Land Fort. Lalu bagaimana nasib Esemka selanjutnya. Kita tunggu!

[Baca Juga: Ini 4 Kemiripan SUV Esemka Garuda 1 dengan Mobil China]

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini