Awal 2018 Minat terhadap Mobil Bekas Meningkat Drastis, Ini Penyebabnya

ant, Jurnalis · Jum'at 16 Februari 2018 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 16 15 1860424 awal-2018-minat-terhadap-mobil-bekas-meningkat-drastis-ini-penyebabnya-mPVVc8TLEB.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

SOLO - Himpunan Pedagang Perantara Otomotif Surakarta (HPPOS) menyatakan keberadaan angkutan online atau berbasis daring mendongkrak penjualan mobil bekas.

"Peningkatannya terasa mulai tahun lalu hingga awal tahun ini," kata Ketua HPPOS Tri Wahyudi di Solo. Pada saat normal, kata dia, penjualan mobil bekas di Kota Solo setiap harinya antara 8 hingga 10 unit.

Sementara pada awal tahun lalu penjualannya sangat baik, namun akhir tahun lesu mengingat kondisi perekonomian yang kurang mendukung. Bahkan, di akhir tahun lalu penurunannya sampai sekira 65 hingga 70 persen.

Tri Wahyudi memperkirakan konsumen sengaja menunda sambil menunggu pergantian tahun. Terbukti di awal 2018  ini langsung meningkat drastis hingga 90 persen dibanding angka penjualan pada tahun sebelumnya.

Jenis kendaraan yang diminati untuk transportasi online antara lain, jenis city car yang harganya terjangkau dan tidak terlalu besar sehingga lebih lincah saat di jalan.

"Dari tahun lalu hingga saat ini mobil jenis city car masih mendominasi penjualan. Selain itu, mobil MPV juga cukup banyak diminati," katanya.

Menurut Tri, permintaan mobil bekas yang cukup tinggi di awal tahun ini berdampak pada penaikan harga sekira 10 persen.

"Selain karena kondisi perekonomian dalam negeri yang mulai membaik, kenaikan harga ini juga karena tren transportasi online," katanya.

Meski harganya naik, pihaknya optimistis penjualan tahun ini akan lebih baik daripada angka penjualan pada tahun sebelumnya.

[Baca Juga: Mau Beli Mobil Bekas Secara Online, Simak Tips Ini!]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini