nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Mencuci Mobil Putih, Pertama Jangan di Bawah Terik Matahari

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2018 08:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 17 15 1874090 tips-mencuci-mobil-putih-pertama-jangan-di-bawah-terik-matahari-2ETB8ygO07.jpg Foto: TheWheelSpecialist

JAKARTA - Belakangan ini mobil berwarna putih menjadi primadona. Maka jangan heran warna itu sering kali menjadi yang termahal banderolnya.

Tetapi harus diingat juga bahwa memperlakukan mobil putih berbeda dengan memperlakukan mobil lain. Sebab jika tak tahu trik merawatnya, bisa-bisa mobil itu menguning.

Lalu bagaimana cara merawat mobil seperti itu. Berikut beberapa tips yang patut Anda coba:

1. Jangan mencuci di bawah terik matahari secara langsung

Ketika mencuci kendaraan di bawah terik matahari secara langsung, itu dapat mengakibatkan sabun atau sampo mobil yang digunakan mengering dengan cepat dan menimbulkan bercak pada permukaan kendaraan dan pada akhirnya dapat merusak warna mobil putih Anda.

2. Pilih sabun atau sampo yang tepat

Jangan menggunakan sembarangan shampo atau sabun murah, carilah yang berkualitas. Dikarenakan sabun atau sampo yang kurang baik kualitasnya dapat menimbulkan jamur dan bercak pada permukaan cat kenndaraan,dan akan sulit dihilangkan jika lama dibiarkan. Disarankan pula, siapkan sampo atau sabun sendiri jika pada tempat pencucian kendaraan tidak menggunakan cairan pembersih yang kurang berkualitas.

3. Bilas mobil dengan satu arah

Saat mencuci kendaraan, lakukan pembilasan dari arah atas ke bawah. karena hal ini bertujuan agar air sabun dan kotoran dapat langsung turun dan tidak berpindah tempat seperti ke bagian lainnya dan agar tidak membuat goresan pada warna kendaraan anda.

[Baca Juga: Tips! Lakukan 4 Langkah Ini Jika Rem Mobil Tiba-Tiba Blong]

4. Gunakan kain dengan daya serap tinggi

Setelah selesai mencuci kendaraan, baiknya langsung mengeringkan sisa-sisa air pada bodi mobil. Disarankan menggunakan kain atau lap yang memiliki daya serap tinggi agar seluruh sisa-sisa air dapat terserap secara maksimal.

5. Jangan memarkir kendaraan di luar ruangan

Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya bila hindari memarkir kendaraan di tempat yang terpancar sinar matahari langsung. Namun bila tak ada pilihan lain, sebaiknya menggunakan cover. Selain melindungi dari terpaan sinar matahari, cara ini juga bisa ditempuh untuk menghidari debu menempel ke permukaan bodi mobil.

6. Segera bersihkan kendaraan setelah terguyur hujan.

Ketika kendaraan terguyur hujan, segera bersihkan dengan air bersih. Serta jangan biarkan air hujan atau lumpur mengering pada permukaan bodi. dikarenakan, ini akan menimbulkan bercak dan watermark yang akan sulit dibersihkan. Demikian tips tersebut dikutip dari lama resmi Suzuki, Sabtu (17/3/2018).

[Baca Juga: Hari Tidur Sedunia, Berhentilah Mengemudi Jika Anda Mengantuk]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini