nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Pemicu Kebakaran Mobil di SPBU

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 22 15 1876281 waspadai-pemicu-kebakaran-mobil-di-spbu-vhSjzLEueE.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

ACAP kali ketidaktahuan dapat menimbulkan bahaya tanpa disadari. Misalnya saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di pom bensin.

Banyak terjadi kasus kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik statis di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Uap bensinlah yang dapat menyebabkan kebakaran karena bersinggungan dengan benda-benda yang mengandung aliran listrik statis dan dapat memicu kebakaran. Oleh karena itu:

Jangan sekali-kali menggunakan HP saat mengisi bensin. Sinyal HP yang mengandung aliran listrik statis dapat bereaksi dengan uap bensin dan menyebabkan kebakaran.

Jangan sekali-kali masuk kembali ke dalam kendaraan saat pengisian bensin sedang berlangsung. [Baca Juga: Tips Mengendarai Motor Bagi Wanita, Pertama Jangan Gunakan Rok Mini]

Jika memang terpaksa harus masuk kembali ke dalam Mobil saat bensin diisi, pastikan keluar kembali dan menutup pintu sambil menyentuh logam, sebelum anda menarik nozzle keluar.

Dengan cara ini listrik statis dari tubuh anda akan dibuang sebelum anda menarik keluar nozzle. Demikian dikutip dari laman resmi Toyota-Bandung, Kamis (22/3/2018).

[Baca Juga: Ban Mobil Bocor di Tengah Perjalanan, Jangan Panik dan Lakukan 10 Langkah Ini]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini