nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menghapus Stigma Negatif yang Terlanjur Melekat, Begini Cara Komunitas Harley

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Minggu 25 Maret 2018 11:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 25 15 1877552 menghapus-stigma-negatif-yang-terlanjur-melekat-begini-cara-komunitas-harley-cVIbXfskVc.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA - Stigma negatif beberapa tahun lalu sempat melekat terhadap komunitas dan geng motor sempat. Misalnya adalah karena iring-iringan yang menerobos lampu merah yang membuat kesal masyarakat.

Menyadari hal itu, sejumlah komunitas sudah mulai berbenah. Salah satunya adalah Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). Bagaimana cara mereka melakukannya?

Petugas Humas dan Media HDCI Pusat Ferdo Raturandang mengatakan pihaknya selalu melakukan kegiatan-kegiatan positif agar masyarakat nyaman. Jika masih dianggap jelek, maka terus dibenahi.

"Kekurangan yang ada akan diperbaiki di acara berikutnya untuk jauh lebih baik.Nada-nada sumbang secara perlahan dan pasti semakin diperkecil dengan menyuguhkan acara- acara yang berkualitas," ujarnya di Jakarta.

[Baca Juga:  Musim Hujan, Komunitas Motor Diimbau Tidak Touring]

Kegiatan positif yang dilakukan agar masyarakat dan pemerintah daerah kawasan yang dilintasi senang, adalah mempromosikan keunggulan wilayah yang dilalui tersebut.

"Ketika acara touring dilaksanakan maka daerah tujuan akan dikenal bagi banyak pihak sehingga promosi gratis bagi daerah tersebut. Dari sisi perekonomian mendatangkan pemasukan dana bagi pihak perhotelan, toko-toko cinderamata, kuliner setempat dan lain-lain," ucap Ferdo.

Hanya saja untuk mewujudkan itu semua maka dibutuhkan persiapan yang matang. Jika acara itu tak seperti yang diinginkan, maka akan merusak nama komunitas itu sendiri.

"Sudah sering terjadi komplain-komplain yang ditujukan bagi acara anak motoran yang membuat dunia bikers jelek di mata pihak lain. Itu sebabnya pengelolaan acara/event/touring harus dikelola dengan baik dan rapih sehingga semua pihak turut mendapatkan manfaatnya. Di situlah letak terujinya sebuah club sehingga nama besar komunitas tersebut dipertaruhkan," pungkasnya.

[Baca Juga: Touring Pakai Moge Harley ala Che Guevara]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini