Motor Terindah Sepanjang Massa, Dirancang di Akhir Hayat Massimmo Tamburini

Sindonews, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 15 1879441 motor-terindah-sepanjang-massa-dirancang-di-akhir-hayat-massimmo-tamburini-gM77Rt30q2.jpg Foto: Istimewa

MILAN - Desainer Massimo Tamburini (1943-2014) secara permanen telah memasuki sejarah industri sepeda motor dunia dengan menerbitkan tunggangan paling indah sepanjang masa.

Mengusung semangat menciptakan motor terbaik, Tamburini adalah pembuat super Ducati 916, MV Agusta F4, dabMV Agusta Brutale. Lalu sebelum akhir hayatnya empat tahun lalu, tokoh otomotif tersebut sempat membangun proyek terindahnya sekaligus rancangan terakhir untuk dirinya sendiri, yang disebut T12 Massimo.

Tamburini mewujudkan rancangannya dan seperti yang pemirsa saksikan, inilah Tamburini T12 Massimo. Motor tersebut memang tidak menawarkan sesuatu yang canggih.

T12 Massimo dilengkapi sasis tralis tubular super ringan dikombinasikan dengan headstock berbahan cast magnesium, plus velg berbahan magnesium dengan proses forged.

[Baca Juga: BMW Seri 7 Vs Motor Ducati Panigale V4, Lihat Kejutan di Awal]

Selain itu suspensi depan belakang dipercayakan pada Ohlins. Sementara pengereman dipercayakan kepada Brembo.

Untuk sistem kelistrikan yang meracik adalah MoTeC dan, sedangkan mesin selera Massimo cukup bagus dengan mengambil basis BMW S1000RR.

Power motor ini kembali dioprek dengan sensasi Italian tune sehingga sanggup menghasilkan tenaga 230 hp.

[Baca Juga: Empat Motor Baru Ducati Meluncur di Indonesia]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini