nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uji Tabrak, Kantung Udara Ford Escape dan Outlander Sport Gagal Keluar

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 15:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 05 15 1882554 uji-tabrak-kantung-udara-ford-escape-dan-olulander-sport-gagal-keluar-5llVsYGpPq.jpg Foto: Screenshoot dari video di akun Youtube IIHS

LEMBAGA Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) telah merilis peringkat untuk uji tabrak beberapa mobil jenis crossover.

Menurut organisasi itu, BMW X1, Chevrolet Equinox, GMC Terrain, Jeep Compass, dan Mitsubishi Outlander, semuanya mendapatkan penilaian yang baik di sisi penumpang.

Namun di antara semua itu, BMW X1 dan Mitsubishi Outlander 2018 tampil sedikit lebih baik karena keduanya mendapat peringkat yang bagus untuk tindakan perlindungan penumpang dari risiko cedera saat tabrakan. 

Sayangnya, ada yang dapat penilaian buruk terhadap Ford Escape dan Mitsubishi Outlander Sport. IIHS menyatakan kantung udara tirai samping di kabin penumpang gagal keluar dari kedua model tersebut.

Isu yang terakhir ini mengejutkan organisasi karena insinyur riset senior Becky Mueller mengatakan, itu bukan sesuatu yang diharapkan setelah bertahun-tahun mengalami crash testing.

[Baca Juga: Nissan Kick Raih Empat Bintang dalam Uji Tabrak, Dapat Lima Jika...]

"Intrusion diukur 10 inci (25,4 cm) di pilar pintu-engsel atas, dibandingkan dengan 5 inci (12,7 cm) dalam tes sisi pengemudi," ucapnya.

”Ambang pintu samping penumpang didorong 4 inci (10,1 cm) secara lateral dan pembacaan dari dummy kecelakaan menunjukkan penumpang kursi depan bisa menerima cedera pinggul jika ini adalah kecelakaan di dunia nyata," tambah Muller.

Meskipun kedengarannya aneh bahwa sisi pengemudi akan lebih aman dari sisi penumpang, IIHS mengatakan bahwa Ford telah memperkuat struktur pada 2017 dan kemudian model Escape meningkatkan perlindungan penumpang di sisi pengemudi. Namun, mereka tidak melakukan perubahan yang sama pada sisi penumpang.

[Baca Juga: Uji Tabrak Mitsubishi Xpander Selesai, Ini Hasilnya]

Mueller mengatakan keputusan seperti ini adalah salah satu alasan mengapa IIHS mulai melakukan uji sisi tumpang tindih sisi penumpang kecil. "Produsen seharusnya tidak mengurangi perlindungan untuk penumpang kursi depan," tambahnya lagi seperti dilansir dari Carscoops, Kamis (5/4/2018).

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini