Putar Setir Sampai Mentok saat Parkir, Ini Akibatnya

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 15 1884414 putar-setir-sampai-mentok-saat-parkir-ini-akibatnya-dohCHUO08n.jpg Ilustrasi. Foto: drivinginstructorblog

JAKARTA - Lahan parkir mobil yang sempit sering kali memaksa pengemudi memutar habis setir, baik ke kiri maupun ke kanan. Namun perlu diketahui tindakan seperti itu ternyata punya dampak buruk.

Khususnya bagi yang mengemudikan mobil dengan power steering,  sebaiknya tidak memutar kemudi sampai mentok ke sudut kiri maupun kanan. Bila terlanjur mentok, segera putar balik. Cukup putar balik sedikit saja. Yang penting, tidak mentok!

Sebab, saat power steering mentok, tekanan minyak power steering berada di posisi paling tinggi. Temperatur pun jadi naik. Ruangan yang panas ini kurang baik bagi komponen-komponen power steering yang terbuat dari karet. Seal pompa, rack and pinion, atau selang-selang misalnya.

[Baca Juga: Tips Menjual Mobil Bekas Agar Dapat Harga Tinggi]

Bila terkena suhu yang tinggi terus-menerus, bahan-bahan dari karet (seal) tersebut akan cepat aus, keras dan tidak elastis lagi. Lebih berbahaya lagi, suhu berlebih itu bisa mengakibatkan seal jebol.

Dukutip dari laman resmi Toyota Bandung pada Selasa (10/4/2018), biasanya keausan seal-seal akan menyebabkan power steering bocor. Karet-karet tidak menutup rapat dan oli power steering merembes keluar sistem. Berikutnya, fungsi dan performa power steering akan menurun. Sangat menyebalkan bila sudah mengadopsi power steering, tapi saat memutar kemudi tetap terasa berat.

Jadi, hati-hati memutar kemudi power steering. Selain saat memarkir mobil, kebiasaan membanting habis putaran kemudi ini umumnya terjadi juga di saat melewati tikungan tajam dan U turn.

[Baca Juga: 5 Pantangan Mobil Baru, Pertama Jangan Berkendara di Jarak Pendek]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini