nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pesan Jokowi saat Mitsubishi Ekspor Xpander

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 08:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 26 15 1891564 4-pesan-jokowi-saat-mitsubishi-ekspor-xpander-G1aewSNNc1.jpg Foto: Abu Sahma Pane/Okezone

JAKARTA - Mitsubishi mengirim 400  unit sebagai tahap pertama ekspor 3.000 Xpander ke Filipina kemarin. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir di sana menyampaikan 4 pesannya kepada pabrikan otomotif asal Jepang tersebut.

Pertama adalah alih teknologi, kedua penyerapan tenaga kerja, ketiga berkontribusi di sektor pendidikan, dan keempat investasi aktif.

Jokowi mengatakan dirinya sangat mendorong investasi yang berbasis ekspor. Sebab menurutnya ekspor dan investasi adalah kunci  sukses pertumbuhan ekonomi.

"Ekspor-investasi, ekspor-investasi. Sekali lagi ekspor dan investasi, itu yang selalu saya sampaikan berulang-ulang," ucapnya.

 

Menanggapi itu, CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko mengatakan pihaknya akan memenuhi permintaan Presiden tersebut.

[Baca Juga: 400 Xpander Diekspor ke Filipina, Target Berikutnya Vietnam hingga Amerika Selatan]

“Kami akan memenuhi permintaan itu. Melalui kegiatan produksi, permintaan itu akan dipenuhi,” ucap Osamu.

Osamu mengatakan sebagain besar tenaga kerja di pabrik Mitsubishi adalah warga Indonesia. Bahkan pihaknya akan merekrut 400 tenaga kerja lagi guna memenuhi kebutuhan karyawan hingga 4.000 orang.

Penambahan tenaga kerja dibutuhkan karena Mitsubishi menambah kapasitas produksi pabriknya. Dari semula berkapasitas 8.000 menjadi 10.000 unit.

[Baca Juga: Xpander & Sang Legenda Bikin Mitsubishi Pede Naikkan Target Penjualan di IIMS 2018]

Peningkatan kapasitas dibutuhkan untuk memenuhi permintaan yang sudah lebih dari 66.000 di Indonesia dan ribuan lainnya di luar negeri.

Lebih lanjut, Mitsubishi mempertimbangkan untuk menambah investasi di Indonesia. "Namun kami masih perlu melihat perkembangan situasi di Indonesia," ucap Osamu.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini