nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Datsun Cross Miliki 4 Fitur Andalan, Seperti Apa Ketangguhannya?

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 15:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 03 15 1894062 datsun-cross-miliki-4-fitur-andalan-seperti-apa-ketangguhannya-hgdCqwH2GD.jpg Datsun Cross ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia (foto: Okezone)

YOGYAKARTA - Datsun Cross yang sejak diluncurkan pada World Premiere di Jakarta, 18 Januari lalu, memiliki empat fitur andalan yang ditanamkan dalam Datsun Cross yang menjadi andalan, yakni CVT, VDC, ground clearance 200mm, dan cabin quietness.

Untuk menguji seberapa tangguh performa mobil yang mewarisi DNA Datsun sebagai kendaraan strong, durable, dan attractive, mengendarai Datsun Cross menjadi cara terbaik untuk merasakan keunggulan fitur-fiturnya. Daerah Istimewa Yogyakarta secara khusus dipilih menjadi medan untuk menjajal ketangguhan fitur dan teknologi terkini Datsun Cross.

Lanskap Yogyakarta yang menantang mulai dari gunung, hutan jati, hingga pantai-pantai indah berair jernih sangat pas untuk menguji peforma CVT, VDC, ground clearance, dan cabin quietness Datsun Cross. 

Pantai Ngandong di daerah Wonosari, Gunung Kidul, menjadi tujuan pertama. Lebih kurang selama 2 jam 30 menit, perjalanan menuju Pantai Ngandong dimulai dengan menempuh jarak 70 km ke arah selatan Yogyakarta.

Handling Datsun Cross terasa mulus melewati daerah Wonosari yang terdapat banyak tikungan dan kontur jalannya yang meliuk-liuk dan berangin. Kinerja XTRONIC CVT yang baru dan inovatif menunjukkan performa bagus dengan akselerasi yang mulus, responsif, dan irit bahan bakar.

Strukturnya dilengkapi oleh gearbox tambahan yang memperlihatkan ratio coverage sebesar 7,3:1; yang terbaik di dunia transmisi otomatis. Transmisi step-less ini memungkinkan peralihan gigi yang mulus di segala situasi. Rasio giginya yang lebar bermanfaat ketika berkendara di jalanan Indonesia sekaligus mampu menghemat bahan bakar karena bekerja pada rpm mesin yang paling efisien, bahkan di kecepatan tinggi. CVT ini juga responsif karena mengontrol transmisi untuk tetap di gigi terbaik berdasarkan posisi pedal gas pengemudi.

Sistem suspensi di Datsun CROSS disesuaikan untuk menciptakan respons dan kestabilan tinggi. Peredam kejut juga dipasang di kedua sisi, sehingga membantu pengemudi dalam menjaga keseimbangan gerakan kendaraan. Penyetelan suspense depan dan belakang yang seimbang menciptakan gerakan linear, membuat penumpang merasa nyaman bahkan ketika mobil melaju di jalan bergelombang.

Ketika menempuh jalan berbatu, ground clearance setinggi 200 mm dengan ban berukuran 15” memberikan kemudahan bagi pengemudi dalam menghadapi jalan kurang mulus di daerah pinggiran kota. Datsun Cross juga memiliki body cladding yang kokoh dan under body skid plates untuk melindungi mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh kerikil dan lumpur.

Dengan banyaknya tikungan tajam sepanjang perjalanan di luar kota, pengemudi diharapkan untuk ekstra hati-hati kala berkendara. Hal ini terutama untuk mencegah kecelakaan dengan objek-objek yang dapat muncul tiba-tiba, seperti kendaraan petani atau hewan ternak. Situasi ini membutuhkan fitur keselamatan yang mumpuni.

Di area keselamatan, Datsun Cross dilengkapi sistem VDC yang terdiri dari traction control system (TCS), anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake-force distribution (EBD), dan brake-limited slip differential (B-LSD). Apabila terjadi over-steering, VDC membantu meningkatkan stabilitas dengan melakukan pengereman pada kedua roda bagian luar di momen yang tepat. Jika kendaraan berbelok karena under-steering, VDC membantu meningkatkan stabilitas dengan mengerem bagian dalam roda belakang.

Soal kesenyapan saat menempuh perjalanan jauh, Datsun Cross memiliki kesenyapan kabin yang baik. Datsun Cross mampu meredam noise, vibration, dan harshness (NVH) ke level minimum. Kabin senyap menciptakan suasana berkendara yang nyaman. Bagian panel bodi pun diperkuat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan kendaraan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini