5 Bulan Lagi Produsen Mobil Wajib Terapkan Euro 4 di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 15 1901556 5-bulan-lagi-produsen-mobil-wajib-terapkan-euro-4-di-indonesia-iDLRAPJWsP.jpg Euro 4 (Foto: Motorcycle life)

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bersama Pemerintah dalam waktu dekat ini akan terus mendorong produsen kendaraan untuk memproduksi mobil dengan standar Euro 4.

Penerapannya sendiri menurut Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi akan diberlakukan sekira lima bulan mendatang atau tepatnya pada 7 Oktober 2017. Pemberlakuan ini sifatnya wajib dimana seluruh kendaraan bermesin bensin yang keluar produksi harus sudah memenuhi standar euro 4.

"Rencananya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kita akan lakukan deklarasi penerapan euro 4 karena langkah ini sangat penting untuk Indonesia," terang Nangoi di Jakarta, Selasa Malam (22/5/2018).

Lebih lanjut Nangoi menegaskan pentingnya deklarasi penggunaan standar emisi euro 4, karena hingga kini, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang masih menerapkan euro 2.

"Ini proses kemajuan yang harus kita dorong kedepannya. Dimana Indonesia juga harus maju dan sadar terhadap penerapan standart emisi euro 4 pada kendaraan," pungkas Nangoi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini