Kolaborasi Toyota & Suzuki Makin Intim

Mufrod, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 29 15 1904093 kolaborasi-toyota-suzuki-makin-intim-Meg4QJlrXY.jpg Emblem Suzuki dan Toyota (foto: Ist)

NEW DELHI - Sejak Oktober 2016, Toyota resmi menjalin kerjasama dengan produsen Suzuki. Tujuannya tak lain untuk memperkuat posisi di tengah persaingan pasar global. Meski tak mudah menjalin kolaborasi sesama produsen automotif.

Beruntung Toyota dan Suzuki sendiri telah lama melakukan penjajakan hubungan rencana kerjasama. Kini keduanya telah sepakat untuk memulai diskusi tentang proyek pengembangan bersama yang didanai secara patungan.

Kerjasama itu meliputi pengembangan teknologi, produksi kendaraan dan pengembangan pasar untuk model kendaraannya. Toyota dan anak perusahaannya, pembuat komponen Denso Corporation, adalah untuk memberikan dukungan teknologi kepada Suzuki dalam pengembangan powertrain efisiensi tinggi dan ultra-efisiensi.

Suzuki Chairman, Osamu Suzukiberharap kerjasama yang telah dilakukan antara kedua perusahaan diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk keduanya di masa mendatang tidak hanya di India namun pasar global.

“Kami akan menerima dukungan untuk pengembangan powertrain efisiensi tinggi dan ultra-tinggi yang sangat penting bagi Suzuki, dan kami akan memfokuskan upaya kami sepenuhnya pada pengembangan." papar Osamu Suzuki, seperti dikutip dari Paultan, Selasa (29/5/2018).

(Osamu Suzuki/Foto:Narada)

Sementara itu, Toyota Indian arm, Toyota Kirloskar Motor (TKM), diatur untuk memproduksi model Suzuki untuk dijual melalui jaringan merek Toyota dan Suzuki.

Model Suzuki, termasuk yang dibuat oleh TKM, akan didistribusikan dari India ke Afrika dan pasar lainnya melalui jaringan penjualan Toyota dan Suzuki. Kedua perusahaan juga akan menjalin kerjasama yang lebih erat dalam hal logistik dan layanan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini