Innova Seperti Kendaraan Amfibi, Ini Penjelasan Toyota

Mufrod, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 30 15 1904477 innova-seperti-kendaraan-amfibi-ini-penjelasan-toyota-7j8GqVZetQ.jpg Toyota Innova berada di kubangan (foto: Okezone)

KOTAWARINGIN BARAT - Layaknya sebuah mobil amfibi pemilik Toyota Innova satu ini terbilang nekat, melewati kubangan air lumpur yang cukup dalam. Bahkan dalam terlihat hampir separuh bagian belakang MPV medium ini sirna terendam air lumpur.

Lantas bagaimana Innova berwarna abu-abu ini bisa bertahan di tengah kubangan air lumpur dengan kondisi mesin masih tetap hidup?

Menurut Diler Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, meski bagian belakang terendam dan terdapat gelembung dari gas buang knalpot karena pengemudi menahan gas di atas 2000 rpm membuat mesin tetap hidup.

Selain itu Toyota Innova juga memiliki air intake yang cukup tinggi, yakni berada di sisi samping tepat di lekukan kolong fender roda. Pada posisi tersebut sokongan udara yang dibutuhkan untuk ruang mesin masih tetap aman.

"Dengan posisi air intake yang tinggi dan tak terendam, mesin masih bisa hidup. Kita juga harus menahan putaran mesin diatas 2.000 rpm agar air tidak masuk melalui saluran gas buang," ucap Didi, saat dihubungi Okezone, Rabu (30/5/2018).

Pada kondisi bagian belakang mobil terendam, usahakan mobil harus terus ditahan pada putaran gas rendah, supaya gas buang bisa mendorong air yang akan masuk. Terpenting usahakan air intake berada posisi lebih tinggi dari air.

"Untuk menjaga mesin tetap hidup, usahakan posisi air intake harus lebih tinggi dari air," pungkas didi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini