nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Letih Lakukan Perjalanan Mudik? Begini Istirahat Berkualitas Selama 15 Menit

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 02 Juni 2018 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 02 15 1905685 letih-lakukan-perjalanan-mudik-begini-istirahat-berkualitas-selama-15-menit-MilZ2Ep6lK.jpg Mudik Lebaran. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Menempuh perjalanan panjang menuju kampung halaman selama arus mudik Lebaran memang membutuhkan waktu dua kali lipat dibanding jarak tempuh momen hari-hari biasa. Mengemudi dengan waktu tempuh lebih panjang tentu membuat fisik pengemudi memiliki keterbatasan, yakni maksimum 10 jam perjalanan. Hal itu pun membutuhkan waktu istirahat sekira 30 menit setiap dua jamnya.

Saat melakukan perjalanan mudik pengemudi juga harus melakukan manajemen perjalanan yang baik. Salah satu istirahat berkualitas bagi pengemudi, untuk bisa mendapatkan istirahat berkualitas bisa dilakukan hanya dengan waktu 15 menit saja.

Menurut Jusri Pulubuhu, head of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), sangat penting bagi pengemudi mengembalikan tenaga dan stamina selama melakukan perjalanan mudik, salah satunya dengan istirahat berkualitas selama 15 menit.

"Untuk mendapatkan tidur berkualitas selama 15 menit, saat akan istirahat, kita harus terhindar dari noise suara dan cahaya," ujar Jusri saat dihubungi Okezone, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, agar terhindar dengan gangguan suara dan cahaya, telinga perlu disumbat menggunakan silicon ear plug dan masker penutup mata. Hal terpenting yakni cari lokasi untuk istirahat yang cukup nyaman dan seluruh badan bisa dalam posisi lurus saat tidur.

"Dengan istirahat berkualitas ini, stamina dan tenaga akan cepat kembali secara maksimal serta pemudik bisa melanjutkan perjalanan dengan konsentrasi penuh agar selamat di jalan," pungkasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini