nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaca Helm Canggih Pengendara Motor Tak Silau Keluar Terowongan

Mufrod, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 26 15 1914245 kaca-helm-canggih-pengendara-motor-tak-silau-keluar-terowongan-l9LXnf05mm.jpg Visor Shetter (Foto: Okezone)

PARIS - Aspek keselamatan pengendara motor dari perubahan cahaya saat berkendara memasuki terowongan dan keluar, menjadi salah satu bahaya yang menghantui bagi pengendara sepeda motor.

Untuk mengantisipasi bahaya perubahan cahaya tersebut, sebuah perusahaan Prancis Shetter telah mengembangkan visor LCD adaptif yang mampu mengimbangi perubahan cahaya saat pengendara masuk dan keluar terowongan.

Visor memiliki sensor cahaya kecil di bagian bawah visor, dan matriks LCD di seluruh permukaan. Ketika sensor mendeteksi perubahan pencahayaan, hanya dibutuhkan 0,04 detik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan matriks LCD visor untuk meningkatkan atau menurunkan tingkat warna.

 

Sensor cahaya ini akan bekerja secara otomatis dalam waktu cepat ketika terjadi perubahan cahaya. Visor Shetter sendiri bekerja mengandalkan tenaga yang berasal dari solar panel dan tidak menggunakan baterai.

Untuk saat ini kaca visor baru bisa digunakan pada model helm tertentu saja. Pabrikan asal Perancis itu mengatakan bahwa visornya kompatibel dengan PinLock dan menawarkan perlindungan UV 100 persen.

Visor dengan teknologi canggih produksi Prancis ini dibanderol dengan harga 198 euro atau setara dengan Rp3,2 juta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini