nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ban Berteknologi Canggih, Bisa untuk Off Road & On Road

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 06:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 29 15 1915773 ban-berteknologi-canggih-bisa-untuk-off-road-on-road-5RYRM7y8bb.gif teknologi ban (Foto: Carscoop)

Pennsylvania - Teknologi dunia automotif tak hanya masalah bahan bakar saja, di masa mendatang perangkat mobil salah satunya ban juga akan melakukan revolusi besar.

Salah satunya teknologi ban yang di beri nama Reconfigurable Wheel-Track (RWT), menggunakan ban ini memungkinkan setiap pengemudinya bisa membawa kendaraannya di medan on road (jalan raya) maupun off road jalan dengan kondisi ekstrim dan berbatu.

Berbagai medan off road yang beratpun diklaim mampu dilewati kendaraan cukup dengan menggunakan ban RWT. Dengan mengadopsi fungsi ban kendaraan militer seperti tank yang berjalan menggunakan rel.

RWT bisa mengubah bentuknya dari bulat menjadi segitiga yang secara khusus ubahan tersebut bisa digunakan pada medan off road. Bahkan perubahan dari bulat menjadi segitiga tersebut hanya membutuhkan waktu tak lebih dari tiga detik saja.

RWT dikembangkan oleh tim dari National Robotics Engineering Center Carnegie Mellon University dan peranti pemindah bentuk dapat bertransisi dari roda bulat menjadi trek segitiga.

Sebagai pengembangan awalnya RWT diperkirakan akan digunakan pada kendaraan militer, namun diperkirakan teknologi seperti ini juga bisa digunakan pada kendaraan umum jenis jeep.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini