nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Joget saat Mobil Berjalan, Ini Kata Pengamat Keselamatan soal Keke Challenge

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 27 Juli 2018 17:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 27 15 1928324 joget-saat-mobil-berjalan-ini-kata-pengamat-soal-keke-challenge-IUckLRECXb.jpg Keke Challenge (Foto: Nst)

JAKARTA - Aksi Keke Challenge yang saat ini ramai dilakukan banyak orang, bahkan kalangan selebriti yang mengikuti aksi berjoget mengikuti lagu In My Feeling dengan posisi mobil berjalan dinilai sebagai aksi yang berbahaya.

Aspek risiko besar terhadap aksi Keke Challenge dinilai pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu bisa terjadi ketika dilakukan di area terbuka atau jalan yang banyak dilalui kendaraan.

"Aksi tersebut merupakan tingkah yang tidak bijak bagi pengemudi mobil, karena bisa membahayakan dirinya sendiri berjoget di tengah jalan dengan kondisi mobil berjalan," tegas Jusri kepada Okezone, Jumat (27/7/2018).

Risiko lain yang juga bisa terjadi, adanya kendaraan lain seperti motor yang biasa melintas dari sisi dalam mobil yang berakibat bisa menabrak orang yang sedang melakukan aksi Keke Challenge.

 

Kemungkinan lain menurut Jusri, mobil yang tengah melakukan aksi Keke Challenge bisa tertabrak dengan mobil yang berada di belakangnya.

Aksi yang tengah viral tersebut baiknya tidak dilakukan banyak orang karena akan memancing orang lain untuk mengikutinya tanpa mengetahui risiko bahayanya aksi tersebut.

Meski demikian Jusri menjelaskan, jika ingin melakukan aksi tersebut baiknya dalam area tertutup yang tidak banyak dilalui kendaraan. "Baiknya dilakukan di area tertutup yang aman dari lalu lalang kendaraan," pungkasnya.

Terhadap aksi tersebut Polisi juga telah mengeluarkan larang aksi Keke Challenge yang dianggap berbahaya. Melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Muhammad Iqbal mengungkapkan, pihaknya melarang keras masyarakat melakukan aksi nekat dengan cara menari dekat mobil yang berjalan alias 'Kee Kee Dance Challenge' yang belakangan viral di media sosial.

Menurut Iqbal, pemain 'Kee Kee Dance Challenge' dapat dijerat dengan Pasal 283 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan ancaman pidana denda sebesar Rp750 ribu atau penjara maksimal tiga bulan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini