Share

Rupiah Jeblok, Harga Jual Mobil Suzuki Bakal Naik?

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 30 15 1929477 rupiah-jeblok-harga-jual-mobil-suzuki-bakal-naik-EN8P2oyyeo.jpg All New Ertiga produk Suzuki (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pelemahan yang dialami mata uang Rupiah sedikit banyak akan mempengaruhi industri automotif. Begitu juga dengan Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Kurs Rupiah beberapa waktu terakhir ini memang tertekan ke kisaran level Rp14.500 per USD, kian mendekat ke level Rp15.000 per USD. Harga produk mobil bermerek Suzuki berpeluang mengalami kenaikan, walau tidak saat ini.

"Kalau peluang (kenaikan harga mobil) ada," kata 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) Makmur di Jakarta, Senin (30/7/2018).

Dia menjelaskan, potensi kenaikan harga mobil ini seiring dengan kenaikan beban biaya produksi akibat kenaikan kurs. Pasalnya, pelemahan kurs Rupiah bakal mengerek naik biaya untuk komponen produk mobil.

Kendati demikian, komponen ini umumnyat 3-4 bulan lalu. Walau ada juga sejumlah komponen yang didapatkan dari saat ini juga.

"Jadi kurs tidak berpengaruh secara langsung," ucap dia.

Terkait dengan kenaikan tingkat suku bunga acuan atau BI rate, kata dia, bakal berdampak minim ke penjualan.

 

"Karena orang kan kalau leasing, itu lima tahun. Tidak berasa kalau segitu," ungkap dia.

Sementara itu, 4W Marketinf Director Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra menjelaskan, pelemahan kurs Rupiah bakal mengerek naik biaya produksi.

Tetapi, dia menegaskan, Suzuki tidak akam serta merta menaikan harga jual produk mobilnya.

Menurutnya, Suzuki fokus ke produk yang produksi dalam negeri. All New Ertiga misalnya. Komponen dalam negeri untuk merek mobil ini sekitar 84 persen. "Jadi faktor kurs tidak terlalu berpengaruh," kata dia.

Terlebih, dalam persaingan mobil di kelas Ertiga saat ini sangat ketat. Karena itu, pihaknya bakal sangat hati-hati dalam hal menaikan harga mobil ini.

"Kita tidak bisa semena-mena naikkan harga begitu saja," ungkap dia.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini