Share

Perang Mobil MPV Mesin 1.5 Liter

Mufrod, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 31 15 1929754 perang-mobil-mpv-mesin-1-5-liter-d7kNnEmR5X.jpg kendaraan LMPV (Foto: Okezone)

JAKARTA - Persaingan kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV) makin sesak, terlebih untuk varian mesin 1.5 liter yang banyak diminati konsumen automotif di Indonesia.

Pilihan MPV dengan mesin 1.5 liter sendiri selain mampu memberi tenaga yang lebih besar dari mesin di bawahnya, harga yang ditawarkan pun masih cukup terjangkau dari Rp190 juta sampai Rp250 jutaan.

Selain itu, dengan karakter mesin tersebut juga memberikan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien, sehingga ideal sebagai kendaraan keluarga yang pas dengan kebutuhan konsumen tanah air.

 

Karenanya tak sedikit produsen automotif yang berlomba menawarkan kenyamanan serta konsumsi bahan bakar yang efisien pada produk MPV yang dilempar ke pasaran. Strategi itu juga yang dilakukan Wuling melengkapi jajaran produknya jenis MPV dengan meluncurkan Cortez bermesin 1.5 liter.

Meski terbilang baru, sektor kenyamanan tentu menjadi perhatian utama bagi Wuling untuk mendapat perhatian dari konsumen di Indoensia. Mengingat pesaing ketatnya Toyota Avanza telah menjadi produk berlabel mobil sejuta umat.

Perang di segmen ini pun Cortez 1.5 terbilang tak ingin setengah-setengah untuk urusan fitur yang disematkannya, sektor keamanan mobil yang dibaderol mulai dari Rp193 juta, sudah dibekali peranti keselamatan cukup lengkap. Di antaranya Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX, Dual Airbag dan rem cakram.

Paketan sistem informasi juga tak luput ada di dalamnya berupa fitur Tire Pressure Monitoring System, rear parking camera, sensor parkir, LED DRL dan Shark Fin Antenna.

 

Jika ditelisik secara cermat, beberapa fitur yang ada pada Cortez 1.5 liter, tak dimiliki oleh pesaingnya bahkan pemain lama yang kini masih merajai penjualan MPV Toyota Avanza.

Dari sektor mesin, Cortez dan Avanza memang memiliki kubikasi mesin yang tak jauh beda yakni 1.5 liter. Urusan tenaga mesin, Cortez mampu meletupkan 110 tenaga kuda pada putaran mesin 5.800 rpm.

Meski Wuling belum sempat memberikan kesempatan pengujian untuk Cortez 1.5, diperkirakan konsumsi bahan bakarnya pun cukup efisien dan tak jauh berbeda dengan label Avanza 1.5 yang juga dinilai irit oleh banyak penggunannya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini