Share

Yamaha Turunkan 100 Insinyur Kembangkan Motor Listrik

Mufrod, Jurnalis · Minggu 16 September 2018 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 16 15 1951158 yamaha-turunkan-100-insinyur-kembangkan-motor-listrik-6oZa6AHoii.jpg Ilustrasi sepeda motor listrik Yamaha. (Foto: Autocar)

NEW DELHI – Produsen sepeda motor Yamaha tengah mempersiapkan produk barunya dengan basis motor listrik sebagai penggerak utama rodanya. Rencana tersebut diungkap Yasuo Ishihara Managing Director Yamaha India.

Guna menciptakan motor ramah lingkungan, tak tanggung-tanggung, produsen berlogo trisula itu telah menyiapkan 100 insinyur dari berbagai negara. Pengembangannya sendiri akan dilakukan di India bekerja sama dengan Yamaha Jepang. Nantinya produk tersebut akan menjadi model global dan dipasarkan di banyak negara.

"Pengembangan platform kendaraan listrik yang serbabaru sedang berlangsung. Kami selalu ingin memulai produk baru berdasarkan platform global. Ini (roda dua listrik) tidak akan hanya untuk pasar India. Ini juga untuk pasar global lainnya. Seperti strategi platform global (produk) yang kita miliki (untuk roda dua listrik yang sedang dikembangkan)," ungkap Ishihara, seperti dilansir Autocar, Minggu (15/9/2018).

Managing Director Yamaha India Yasuo Ishihara. (Foto: Autocar)

Dalam pengembangannya, Yamaha sendiri mengungkapkan bakal bekerja sama dengan beberapa pemasok utama komponen motor listrik. Diperkirakan, Yamaha tidak akan mengembangkan baterai sepeda motor secara mandiri mengingat biaya besar dalam pengembangan tersebut.

Sistem pengisian baterai yang digunakan Yamaha akan menggunakan swapping. Pemilik motor listrik hanya mengganti baterai yang telah habis dengan baterai yang telah terisi penuh.

Sebagai informasi awal, produk motor listrik pertama yang akan diluncurkan Yamaha merupakan model skuter matik, di mana peluncurannya sendiri baru akan dilakukan pada 2020.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini