nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Diesel di Kawasan Timur Belum Bisa Nikmati B20

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 21 September 2018 18:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 21 15 1953850 mobil-diesel-di-kawasan-timur-belum-bisa-nikmati-b20-3n5YaOV0yD.jpeg Bahan bakar B20 (Foto: Ist)

JAKARTA - Mandatori pemerintah terhadap pemakaian bahan bakar B20 atau bahan bakar solar dengan kandungan minyak sawit 20 persen ternyata belum bisa dinikmati mobil diesel di kawasan timur Indonesia.

Terkendalanya pasokan bahan Fatty Acid Methyl Esters (FAME) yang digunakan untuk memblending solar berdampak pada proses pembuatan bahan bakar B20 terkendala.

Dari 112 terminal BBM yang mampu memproduksi B20 baru 69 terminal BBM yang sudah menerima penyaluran FAME. Sementara sebagian besar daerah yang belum tersalurkan FAME berada di kawasan timur seperti Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Sulawesi

 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengungkap, pertamina telah siap memproduksi B20 namun saat ini masih terkendala dengan pasokan FAME.

"Seluruh instalasi Pertamina sudah siap blending B20. Namun penyaluran B20 tergantung pada suplai FAME, di mana hingga saat ini suplai belum maksimal didapatkan," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Jumat (21/9/2018).

Karenanya saat ini belum semua wilayah di Indonesia yang bisa menggunakan bahan bakar B20. Meski beberapa produsen automotif sendiri mengaku penggunaan B20 bisa digunakan dan aman untuk kendaraan.

 

Salah satunya Toyota yang mendukung rencana pemerintah tersebut, namun beberapa syarat akan menjadi acuan bagi Toyota ke pemerintah terkait rencana penerapan B20.

"Toyota sudah memberikan statment bahwa mampu dipakai di Toyota dengan catatan sulfur content-nya ada dalam satu treshold yang memang bisa dipakai," kata Executive General Manager AStra Internaitonal, Anton Jimmi Suwandy, beberapa waktu lalu.

Produsen dengan penjualan mesin diesel terbanyak di group astra ini menginginkan sulfur content-nya (B20) ada dalam satu treshold yang memang bisa dipakai.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini