nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajukan Paten, Mobil Listrik Mazda Akan Gunakan Rotary

Mufrod, Jurnalis · Senin 24 September 2018 14:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 24 15 1954802 ajukan-paten-mobil-listrik-mazda-akan-gunakan-rotary-XpxgqSZphw.jpg Perangkat Rotary Mazda (foto: Motor1)

TOKYO - Tahun lalu kabar mesin rotari kembali berhembus gaungnya, produsen Mazda bahkan tak menampik rencana akan kembali menghidupkan mesin legendarisnya tersebut.

Belakangan diketahui, produsen ini akan menggunakan mesin rotary yang sempat muncul gaungnya. Namun penggunaan rotary kali ini tidak akan muncul untuk mesin konvensional, melainkan menggunakan mobil listrik.

 

Dari gambar paten yang diajukan Mazda ke lembaga paten di Jepang, memperlihatkan perangkat rotary yang akan digunakan pada mobil listrik memiliki ukuran lebih kecil dari model lamanya. Penggunaannya sendiri diklaim sebagai perangkat extender atau pendukung dari powertrain listrik mobil tersebut.

Mengutip dari Motor1, dengan ukuran rotary yang lebih kecil, perangkat extender ini akan ditempatkan di lantai bagian belakang mobil. Digunakan pada mobil listrik, perangkat rotary membutuhkan pasokan minyak untuk melumasi rotor yang terdapat di dalam perangkat.

 

Meski sempat menjadi kendala, namun para insinyur Mazda telah menemukan cara agar rotor pada mesin bisa mendapatkan pasokan pelumas ketika tengah bekerja. Rotor akan mendapat pasokan pelumas melalui jalur L yang dibuat para insinyur Mazda.

Dari posisi ini, pelumasan memuntir ke bawah secara diagonal dan menutupi seluruh dinding bagian dalam (gambar 64) dari ruang bakar untuk melumuri sudut rotor saat bergerak melewatinya.

 

Saat ini para insinyur Mazda tengan memperhitungkan sistem pelumasan pada rotary yang akan digunakan, sistem pelumas yang dibutuhkan rotary diperhitungkan agar tidak mengganggu ruang kargo bagian belakang.

Sebelumnya pada Maret 2018, Martijn ten Brink, Wakil Presiden Penjualan dan Layanan Pelanggan untuk Eropa, menegaskan bahwa Mazda bermaksud untuk menghidupkan kembali rotary. Namun melalui model yang disesuaikan dengan trend yakni mobil bertenaga listrik.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini