nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah Sosok Mobil yang Mampu Berkeliling di Planet Mars

Mufrod, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 20:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 26 15 1956080 inilah-sosok-mobil-yang-mampu-berkeliling-di-planet-mars-4FZwT3mR37.jpg Mobil Mars Rover (Foto: Carscoops)

NEW YORK – Mars Rover merupakan nama bagi mobil berukuran besar dengan desain bodi kekar dan futuristic, kendaraan yang dikembangkan Badan Antariksa Amerika Serikat atau dikenal NASA diciptakan khusus untuk melakukan perjalanan darat di planet Mars.

Mobil dengan kapasitas 4 penumpang ini dilengkapi enam roda dan memiliki sector pacu penggerak roda dari motor listrik. Untuk kebutuhan pengisian listriknya sendiri, NASA menggunakan panel surya sebagai pasokan tenaga mobil.

Dengan kapasitas tenaga baterai mencapai 700 volt , kecepatan mobil yang cukup besar dengan berat 2.721 kg ini diklaim NASA mampu melaju hingga 112 km/jam. Sebagai mobil penjelajah, setiap material baik bodi dan ban disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi planet Mars. Mobil ini juga memiliki kemampuan di medan off road. Demikian seperti dikutip dari Carscoops, Rabu (26/9/2018).

Memiliki dimensi yang cukup luas dengan lebar sekira 14 kaki, Mars Rover memiliki ruang kabin yang cukup lapang. Dimana bagian belakang dilengkapi dengan fasilitas lab yang memungkinkan para astronot melakukan penelitian dari setiap perjalanan darat di planet Mars.

Untuk pertama kalinya mobil ini dikendarai keliling kota New York dengan kecepatan rendah yakni 4,8 kilometer per jam. Hadirnya mobil ekspedisi planet Mars ini, bertujuan untuk membuat daya tarik bagi generasi muda terhadap dunia antariksa khususnya penelitian dunia luar angkasa.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini