Diam-Diam, Nissan Siapkan Pesaing Toyota Innova

Mufrod, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 27 15 1956328 diam-diam-nissan-siapkan-pesaing-toyota-innova-WJC1G16IjH.jpg Toyota Innova (Foto: Okezone)

YOKOHAMA - Toyota Innova hingga saat ini masih dinilai sebagai kendaraan multi purpose vehicle yang cukup laris manis di kawasan Asia Tenggara.

Pertama kali diluncurkan pada 2004 hingga kini, Innova masih merajai penjualan MPV kelas medium di beberapa negara. Berlenggok di pasar automotif Asia Tenggara, Innova tampil tanpa pesaing berat hingga saat ini.

 

Toyota Innova sendiri menjadi salah satu model yang cukup laris manis di Indonesia. Bahkan kehadirannya tanpa pesaing dari produsen lain yang juga memiliki MPV kelas medium.

Menanggapi label Innova sebagai MPV andalan Toyota, produsen Nissan akan mempersiapkan model pesaing untuk Toyota Innova. Rencana ini terungkap saat General Manager Nissan Hiroshi Nagasuka, menjawab pertanyaan wartawan tentang langkah Nissan terhadap posisi Innova di pasar automotif Asia Tenggara.

 

"Nissan pasti melihat model MPV yang lebih besar," ungkap Nagasuka seperti dikutip dari Autoindustriya, Kamis (27/9/2018).

Rencana tersebut, tambahnya, Nissan masih menunggu waktu mempelajari proyek lebih lanjut, sehingga pesaing untuk Toyota Innova dari Nissan peluncurannya dimungkinkan tidak dalam waktu dekat.

 

Toyota Innova merupakan model yang menggunakan platform bodi on frame atau biasa disebut ladder frame, yang cukup unik, Toyota menggunakan platform yang sama untuk dua model yakni Fortuner dan Hilux. Artinya hanya Toyota yang menggunakan platform serupa hingga tiga kali.

Sedangkan beberapa produsen menggunakan platform sasis hanya untuk dua model saja biasanya untuk truk pick-up dan model kendaraan penumpang pick-up (PPV). Isuzu memiliki D-Max dan mu-X, Ford memiliki Ranger dan Everest, Mitsubishi memiliki Strada dan Montero Sport, dan Nissan memiliki Navara dan Terra.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini