nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Gunakan Air Sumur Mengandung Bensin, Perhatikan Risiko Ini

Mufrod, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 17:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 17 15 1965329 motor-gunakan-air-sumur-mengandung-bensin-perhatikan-risiko-ini-7Y2yIx9zjl.jpg Ilustrasi perbaikan sepeda motor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penggunaan air sumur yang terkontaminasi minyak sejenis bensin dan digunakan banyak warga desa Tunggal Pajer, Mojokerto, bisa berdampak terganggunya kinerja perangkat mesin.

Menurut Budi Aryadi, Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta, sepeda motor yang menggunakan air sumur dengan kandungan minyak bisa mengganggu kinerja mesin diantaranya bisa merusak klep dan piston.

 

"Kandungan air sumur dengan minyak pada dasarnya akan mengganggu sistem pembakaran internal, salah satunya motor pasti akan brebet saat di gas," jelas Budi saat dihubungi Okezone, Rabu (17/10/2018).

Budi menambahkan, memasukkan air sumur yang mengandung bensin ke dalam tangki motor dengan teknologi injeksi justru membuat motor akan mogok bahkan mesin tidak akan menyala. Hal ini karena sistem penyemprotan bahan bakar terbilang lebih halus dibanding motor karburator.

 

Penggunaan air sumur yang mengandung besin sendiri untuk awal memang tak akan berdampak, namun dalam beberapa jam, pengendapan dari kandungan air yang berat jenisnya berbeda dengan minyak akan mengakibatkan sistem pembakaran mesin terganggu.

"Untuk menangani masalah penggunaan air sumur mengandung bensin, harus dilakukan pembersihan khususnya pengurasan tangki bahan bakar untuk menghilangkan air yang terdapat dalam tangki," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini