nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Produsen Masih Enggan Bikin Kendaraan Listrik

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 13:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 19 15 1966195 ini-alasan-produsen-masih-enggan-bikin-kendaraan-listrik-N2xny6P06W.jpg Baterai Motor Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kendaraan listrik akan menjadi salah satu trend yang banyak diproduksi oleh produsen automotif khususnya produsen sepeda motor dunia. Meski saat ini baru hanya mobil yang mulai bergerak memproduksi mobil listrik, produsen motor besar masih belum melakukan langkah tersebut.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johanes Loman, terkait hadirnya sepeda motor listrik Gesits sebagai produk anak bangsa, dinilai sangat baik. Terlebih harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

 

"Bisa saja (harga) tersebut berlaku, jika produsen bisa menemukan teknologinya yang sesuai," ungkap Loman.

Saat ini, tambahnya, kendala yang paling utama yakni produksi baterai yang dinilai masih sangat mahal. Hal tersebut belum cukup reasonable untuk diaplikasikan pada produksi massal produksi sepeda motor.

 

"Harga baterai per kilo watt sekira USD170 - USD200, angka tersebut masih kami nilai sangat tinggi," ujar loman.

Hal tersebut masih belum bisa mengimbangi biaya yang dikeluarkan kendaraan yang setara dengan penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak.

"Kita bisa jalan jika, harga baterai dan hitungan penggunaannya sudah setara dengan penggunaan bahan bakar minyak yang saat ini kita gunakan," pungkas Loman.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini