Menakar Peluang Besar Pasar SUV di Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 09 November 2018 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 09 15 1975443 menakar-peluang-besar-pasar-suv-di-indonesia-rm0Hz3Lo0O.jpg Model SUV terbaru meluncur 2019 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kontur jalan di Indonesia yang belum semuanya mulus serta karakter jalan yang rusak di beberapa wilayah, hanya mampu dilibas oleh kendaraan sport utility vehicle (SUV), kebutuhan tersebut juga tak lepas dari masih seksinya pasar penjualan SUV di Indonesia.

Hadirnya SUV model baru juga menjadi parameter tingginya minat konsumen terhadap kendaraan jenis SUV. Model SUV yang beredar di pasar tanah air pun terbilang cukup lengkap mulai dari kelas premium seperti Mitsubishi Pajero dan Fortuner dan kelas midle yang di isi Toyota Rush, BRV, Terios dan calon pemain baru Wuling yang telah memperkenalkan model SUV barunya di ajang GIIAS 2018.

 

Kendati mobil jenis SUV secara penjualan masih di bawah model MPV, namun produsen tetap mengakomodir kebutuhan konsumen dengan menawarkan kendaraan SUV yang memiliki kapasitas tujuh penumpang. Sebagaimana diketahui unique market di Indonesia yang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas penumpang banyak lebih mendominasi penjualan dan saat ini masih menjadi parameter larisnya model MPV.

Berdasarkan data Gaikindo dari awal tahun, pasar SUV telah menjadi model yang cukup banyak dipilih konsumen. Mitsubishi Pajero sport sendiri terjual 7.353 unit yang disusul dengan Toyota Fortuner sebanyak 6.383 unit dan CR-V 3.976 unit periode Januari-April.

Dengan angka penjualan yang masih cukup besar tersebut, dan banyak produsen yang terus mengeluarkan model terbaru untuk kendaraan jenis SUV, memprediksi kendaraan jenis ini akan terus tumbuh dan berpeluang menciptakan pasar yang cukup besar di Indonesia.

 

Desain SUV yang dinilai sporti dibanding model MPV menjadi salah satu celah bagi mobil SUV bersaing dengan MPV, terlebih banyak produsen yang juga menawarkan teknologi seperti hill assist yang hanya ada untuk model mobil jenis SUV.

Di tengah persaingan model SUV sendiri, Wuling menjadi salah satu produsen yang juga melihat besarnya pasar SUV di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan memamerkan model SUV terbarunya beberapa waktu lalu di ajang GIIAS 2018.

Model SUV yang saat ini masih ditutup rapat oleh produsen Wuling merupakan model yang akan menggunakan basis Baojun 530 yang telah di pasarkan di negara prinsipilnya pada Maret 2018.

Jika melihat performanya di Tiongkok, Baojun 530 mendapat respon positif dari masyarakat. Maka tak heran jika penjualan SUV Baojun di Cina mengalami kenaikan signifikan. Maka tidak heran, jika kesuksesan SUV kompak tersebut bakal segera dibawa ke Indonesia dan kabarnya mulai tahun depan.

 

Diolah dari data penjualan yang dirilis oleh General Motors China, penjualan SUV mereka khusus model Baojun pada Januari 2018 saja mengalami peningkatan 36 persen, sebanyak 92,356 unit. Sementara wholesale Baojun 530 pada periode Februari-Agustus 2018 mencapai 86,421 unit.

Sebagai pemain baru di kelas SUV kompak di pasar Cina, prestasi Baojun 530 selama delapan bulan pertama cukup menjanjikan. Dari data yang dirilis focus2move, Baojun 530 dengan torehan penjualan Februari - September 2018 membukukan angka sebanyak 95.315 unit, mampu menempati ranking di urutan ke-53 dari total seluruh penjualan kendaraan domestik Cina.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini