nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Hilangkan Bunyi Berdecit di Rem saat Musim Hujan Tiba

Mufrod, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 10:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 13 15 1977062 cara-hilangkan-bunyi-berdecit-di-rem-saat-musim-hujan-tiba-MooU4y9eAJ.jpg Sistem pengereman (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bunyi berdecit yang sering timbul pada perangkat penghenti laju atau rem di sepeda motor saat musim hujan tiba sering ditemui para pengendara. Meski tidak mengganggu namun bunyi decit sering sekali memekakan telinga dan mengganggu pengendara lain akibat bunyi yang sering dirasa cukup ngilu.

Kepala Mekanik Astra Motor Center, Cawang, Budi Aryadi, Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta bunyi decit yang timbul saat musim hujan tiba akibat kotoran atau debu yang menempel di piringan cakram atau tromol yang kemudian tersiram air hujan.

"Bunyi berasal dari debu yang menempel pada piringan cakram ataupun tromol yang basah akibat terkena air hujan," ungkap Budi saat dihubungi Okezone, Selasa (13/11/2018).

 

Lebih lanjut menurut Budi, kondisi tersebut pada dasarnya tidak mengganggu kinerja rem dan membahayakan bagi pengendara. Namun suara decitan menurutnya bisa juga disebabkan karena kondisi kanvas rem yang sudah mulai habis.

Karenanya perlu diperhatian untuk melakukan pengecekan, sekaligus membersihkan kotoran yang menempel pada piringan cakram maupun tromol pada sepeda motor.

 

Pemilik motor memeriksa kanvas rem secara berkala. "Dengan melihat indikator keausan berupa garis, apabila indikator sudah hilang atau menipis menandakan kanvas rem cakram harus segera diganti, sebaliknya apabila masih tebal tetapi timbul suara berdecit, bersihkan kanvas rem menggunakan amplas nomor 1.000, dan bersihkan juga piringan cakram menggunakan air sabun terutama pada lubang-lubang pendinginnya," jelasnya.

 

Tidak lupa Budi juga mengimbau kepada pemilik sepeda motor untuk melakukan perawatan rutin dengan mengunjungi bengkel resmi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini